Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Air Isi Ulang dan AQUA Yang Perlu Diketahui

Sebagai konsumen kita tentu ingin tau apa perbedaan air isi ulang biasa dan AQUA. Kualitasnya lebih bagus mana dan mana yang sebaiknya kita pilih antara air isi ulang dan Aqua?

Perbedaan Air Isi Ulang dan AQUA

Gampang gampang susah untuk menjawab perbedaan air isi ulang vs aqua asli ini karena jawabannya tentu tidak mutlak benar 100%.

Jawaban paling gampang ya kalau aqua itu air minum produksi pabrikan dan berskala besar, sementara air isi ulang itu produksi perorangan skala kecil (usaha UKM).

Depot air minum isi ulang sendiri banyak sekali variasi hasil produksinya, yakni air isi ulang mineral biasa, air Reverse Osmosis (RO), bio energy dan hexagonal. Tapi disini saya hanya mengkhususkan membahas perbedaan air isi ulang mineral biasa dan air AQUA.

Air Minum AQUA

Semua pasti tau air minum AQUA. Ya, pabrik air minum dalam kemasan ini didirikan oleh Bpk Tirto Utomo sejak tahun 1973 dengan pabrik pertamanya berada di Bekasi. Hingga kini aqua  memiliki lebih dari 17 pabrik yang tersebar di Indonesia.

Tapi tentu bukan sejarah aqua yang anda ingin ketahui kan? Anda hanya ingin mengetahui perbedaan air isi ulang dan air aqua. Mari kita bandingkan:

Air AQUA
Air baku: air pegunungan
Jenis: air mineral
Pemeriksaan kualitas air di lab: setiap hari
Penghargaan: 90+ penghargaan sejak tahun 2002
Investasi peralatan: milyaran
Milik: perusahaan
Jumlah: lebih 17 pabrik se Indonesia

Air Minum Isi Ulang
Air baku: air pegunungan, air sumur bor, air PAM, dll
Jenis: air mineral
Pemeriksaan kualitas air di lab: beberapa bulan sekali
Penghargaan: -
Investasi peralatan: belasan hingga puluhan juta
Milik: perorangan
Jumlah: ratusan ribu depot se Indonesia

Bisa dilihat kalau aqua hanya memilih menggunakan air sumber pegunungan untuk air bakunya, sementara depot air minum isi ulang memakai berbagai sumber air baku, tentunya yang terdekat di tempat lokasi depot air isi ulang tsb berdiri.

Baca juga:
- Filter air yang bagus
- Penjual kertas lakmus terdekat
- Penjual tds meter terdekat

Ada rupa ada harga...

Melihat dari sumber air baku dan investasi peralatan, tentu tidak adil jika mengatakan kualitas air isi ulang sama dengan aqua. Dari banyak sisi aqua punya banyak kelebihan dari air isi ulang biasa, makanya harga jual aqua wajar bisa 3 - 5 kali lipat dari harga air isi ulang biasa.

Kualitas air aqua semakin dikuatkan dengan banyaknya pelanggan fanatik yang sudah bertahun tahun tidak mau pindah ke merk lain meskipun sama sama buatan pabrik AMDK.

Bahkan jika stok aqua lagi kosong sang pelanggan fanatik ini rela keliling kota untuk mencari aqua ke toko / supermarket sampai ketemu. Ini adalah sesuatu yang luar biasa dan perlu diapresiasi.

Tetapi kalau hanya melihat dari satu sisi tentu tidak adil juga jika dikatakan kualitas air isi ulang semuanya kalah dengan aqua. Ingat ada ratusan ribu depot se Indonesia, saya yakin ada banyak yang kualitasnya menyamai atau bahkan lebih baik dari aqua.

Kesimpulan:
Penilaian lebih baik mana air isi ulang dengan aqua saya serahkan ke konsumen masing masing karena kualitas air isi ulang tiap tempat berbeda beda. Jika anda sudah lama mengkonsumsi air aqua dan sudah merasa nyaman maka silahkan teruskan berlangganan aqua. Tetapi jika anda pelanggan air isi ulang biasa dan juga sudah merasa nyaman tanpa ada keluhan ya silahkan teruskan berlangganan air isi ulang.