Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Cara Menurunkan pH Air, Tapi Ketahui Hal Penting Ini Dulu

cara menurunkan ph air

Banyak sekali orang yang mencari informasi cara menurunkan pH air, baik untuk air sumur bor, air kolam ikan, air minum isi ulang atau lainnya.

Tetapi sebelumnya saya merasa berkewajiban mengungkap "kebenaran" yang perlu anda ketahui agar tidak salah langkah dalam mengambil tindakan. Oke, baca lebih lanjut supaya paham apa yang saya maksudkan...

Begini, banyak sekali orang yang mencari jawaban tentang cara menurunkan pH air, tetapi dasar mereka ingin menurunkan pH adalah karena pH nya dinilai terlalu tinggi setelah mereka test menggunakan alat yang bernama pH meter digital.

Nah, disitulah pangkal permasalahannya...

Dari pengalaman saya di lapangan, kebanyakan orang hanya menggunakan pH meter digital yang harganya MURAH. Nah, pH meter ini hasil pembacaanya seringkali tidak akurat alias ngawur !!!

pH yang seharusnya nilainya normal malah hasil di layar menunjukkan pH nya tinggi. Kejadian seperti ini yang sering menyesatkan hingga akhirnya orang akan salah dalam mengambil tindakan.

Saya kasih contoh hasil test pH meter digital yang ngawur:

Contoh 1:
pH air yang seharusnya 4,0 malah hasilnya muncul angka 7,5. Ini kan seolah olah pH nya normal, padahal sebenarnya rendah.

Contoh 2:
pH air yang seharusnya 5,5 malah hasilnya muncul angka 7,8, ini kan seolah oleh pH nya normal, padahal sebenarnya rendah.

Contoh 3:
pH air yang seharusnya 7,0 malah hasilnya muncul angka 9,2, ini kan sebenarnya pH nya normal, tetapi muncul hasil menyesatkan yang seolah oleh pH nya terlalu tinggi. 

Akibat "termakan" hasil pembacaan yang menyesatkan tsb maka orang akhirnya berusaha mencari cara menurunkan pH air. Padahal sebenarnya pH nya tidak perlu diturunkan karena sudah normal adanya.

Bagaimana FAKTA pH Air Yang Sebenarnya?

Berdasarkan pengalaman saya bertahun tahun di lapangan SANGAT JARANG ditemukan pH air sumur bor, air sungai, air danau, air kolam, air aquarium atau air minum isi ulang yang pH nya terlalu tinggi diatas 8,5. Bahkan yang sering ditemukan adalah pH air yang rendah, sehingga banyak juga orang yang mencari tahu cara menaikkan pH air.

Untuk diketahui, pH air yang normal adalah antara 6,5 - 8,5.

Lalu bagaimana cara mengetahui pH air secara akurat?

1. Bawalah sample air ke laboratorium dinas kesehatan di kota anda. Disini menggunakan alat pH meter yang harganya jauh lebih mahal, lebih akurat dan rutin di kalibrasi.

2. Atau bawalah sample air ke laboratorium milik PDAM di kota anda. Selain untuk pengujian internal, PDAM juga melayani masyarakat yang ingin mengetes air disana.

3. Atau jika ingin mengetes sendiri maka gunakanlah kertas lakmus yang harganya diatas Rp 70.000, jangan kertas lakmus yang murahan karena hasilnya juga tidak akurat. Kalau mau cari yang dekat di kota anda maka bisa mencari tau harga kertas lakmus di apotik.

Gambar dibawah ini adalah cara menggunakan kertas lakmus / kertas pH, yakni dengan mencelupkannya ke dalam air selama 3-5 detik lalu angkat. Kertas pH akan berubah warna sesuai kondisi pH air.

kertas lakmus

Setelah itu cocokkan warna kertas pH tsb ke tabel warna pH (gambar bawah). Dari situ akan terlihat berapa nilai pH air yang sebenarnya. Apakah pH nya rendah, normal atau terlalu tinggi?

kertas lakmus ph paper

Lalu jika sudah tau hasil pH nya dan ternyata benar pH nya tinggi, bacalah langkah selanjutnya...

Cara Menurunkan pH air

Ada beberapa pilihan cara menurunkan pH air, antara lain:

1. Menggunakan mesin RO

mesin ro

Mesin Reverse Osmosis (RO) mampu menghasilkan air jernih dan ber TDS rendah yang disebut air RO. Bagi yang belum tau, TDS adalah singkatan dari Total Dissolved Solid yang artinya total zat padat yang terlarut dalam air.

Nah, selain mampu menurunkan TDS air mesin RO ini biasanya juga memiliki "efek samping" menurunkan pH air, hanya saja penurunannya tidak bisa diprediksi berapa prosentasenya.

Misalnya:

- pH air awal 8,8... setelah melalui mesin RO pH airnya menjadi 6,4.

- pH air awal 8,0... setelah melalui mesin RO pH airnya menjadi 7,5.

- pH air awal 8,2... setelah melalui mesin RO pH airnya menjadi 5,2.

- pH air awal 7,8... setelah melalui mesin RO pH airnya menjadi 7,5.

Anda perhatikan... jadi penurunan pH nya benar benar tidak bisa ditebak walaupun menggunakan mesin RO yang sama.

2. Menggunakan HCL
Cairan HCL ini sebenarnya tergolong keras dan berasa gatal jika terkena kulit. Cairan ini bersifat asam dan jika digunakan dengan dosis yang tepat akan menurunkan pH air secara cepat dan signifikan.

Penggunaan HCL untuk menurunkan pH air ini tidak saya rekomendasikan jika anda orang yang belum berpengalaman dan awan soal penggunaan bahan kimia.

3. Menggunakan pH Down
Cairan pH down ini dikemas dalam botol plastik dan banyak dijual di marketplace dengan harga Rp 25.000/botol isi 1 liter. Penggunaan pH down ini hanya cocok untuk ikan hias aquarium dan hidroponik, tidak cocok untuk air yang akan di konsumsi manusia.

Demikian informasi tentang cara menurunkan pH air yang bisa saya tuliskan. Jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar di bawah. Terima kasih (pojokfilterair.com)

Posting Komentar untuk "Inilah Cara Menurunkan pH Air, Tapi Ketahui Hal Penting Ini Dulu"