Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Cara Menurunkan TDS Air [Tanya Jawab Lengkap]

cara menurunkan tds

Tanya jawab cara menurunkan TDS air minum dan juga TDS air bersih untuk aquarium, kolam ikan, dll. Apa penyebab TDS air tinggi? Adakah cara menurunkan TDS air tanpa pakai mesin RO

Apa itu TDS ?

TDS adalah singkatan dari Total Dissolved Solid, yaitu zat padat yang terlarut dalam air. Jumlah padatan dihitung dalam satuan miligram per Liter (mg/L) ataupun juga part per million (ppm). Ini sama saja sebab 1 mg/L = 1 ppm.

TDS berbeda dengan kekeruhan dan nilai TDS tidak bisa dinilai dari keruh atau jernihnya air. Bisa jadi airnya sejernih air hujan tetapi TDS nya tinggi, dan bisa juga airnya coklat tapi TDS nya rendah dibawah 10 ppm. 

Sudah sering saya mengetes air sungai mengalir yang berwarna coklat dan air kubangan bekas hujan... itu TDS nya dibawah 40 bahkan ada yang dibawah 10 ppm.

Cara mengetes TDS air

Untuk mengetes TDS air gunakan alat yang disebut TDS meter. Ada banyak alat TDS meter yang dijual di marketplace seperti Tokopedia. Shopee, Bukalapak dan toko online lainnya.

TDS meter yang dijual umumnya terdiri dari 3 digit dan 4 digit.

Cara mengetes TDS adalah dengan mencelupkan ujung sensor TDS meter tsb ke dalam air, nanti nilai TDS nya akan tertera di layar dalam satuan ppm.

Ada banyak sekali model alat TDS meter, mulai dari yang murah sampai yang mahal dan tidak gampang error.

Alat TDS Meter

Beberapa bentuk TDS meter seperti gambar di bawah ini.

cara menurunkan tds

cara menurunkan tds air

cara mengetes tds air

Cara Menurunkan TDS Air Minum dan Air Bersih

Masalah TDS air merupakan salah satu masalah yang penting selain persoalan pH air dan filter air. Sangat banyak yang bertanya dan seringkali memerlukan jawaban yang detail.

Saya (admin blog) membuka ruang konsultasi untuk masalah TDS air ini dan saya sangat suka model tanya jawab interaktif daripada penjelasan langsung satu arah.

Dan tiap tempat masalahnya tentu berbeda...

Silahkan tuliskan secara detail masalah TDS air yang dialami, semakin detail pertanyaan semakin mudah saya untuk memberi solusinya.

Bagaimana cara menurunkan TDS air minum isi ulang, air aquarium, air kolam ikan, hidroponik, air tambak dan lainnya? Tuliskan masalah yang dialami di kolom komentar. Saya berusaha memberi solusi berdasarkan pengalaman saya...

23 komentar untuk "Inilah Cara Menurunkan TDS Air [Tanya Jawab Lengkap]"

  1. gan mau nanya cara untuk menurunkan tds untuk budidaya ikan hias gmn yaa yg alami dan aman untuk ikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hingga saat ini untuk menurunkan TDS hanya bisa dengan cara menggunakan mesin Reverse Osmosis (RO) ataupun filter demineral (demin).

      Kalau tidak mau menggunakan mesin RO ya coba gunakan saja air minum RO yang banyak dijual di depot air isi ulang, atau air minum galon produksi pabrikan.

      Kalau boleh tau yang ada sekarang TDS airnya berapa ppm ya?

      Hapus
  2. Jika ada pertanyaan lain silahkan tulis di kolom komentar ...

    BalasHapus
  3. Untuk menurunkan TDS aquarium 400 ppm apakah bisa dengan cara sirkulasi memakai filter demin? Saya baca-baca kelemahan filter demin adalah bisa jenuh dan harus diregenerasi. Kalau harus sering diregenerasi tentu akan merepotkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tds air bisa turun drastis, dengan cara masak airnya, dan kumpulin uapnya👍, semoga membantu🙏

      Hapus
  4. Menurunkan TDS air tidak bisa diturunkan menggunakan media saringan air biasa ataupun menggunakan filter cartridge dalam jumlah banyak sekalipun.

    Dan untuk filter demin penggunaannya bukan dengan cara sirkulasi (berputar). Dan kalau harus di regenerasi rutin itu adalah benar adanya... dan memang akan merepotkan.

    Saran saya untuk menurunkan TDS skala aquarium / penggunaan kecil:

    Opsi 1: Gunakan mesin RO 50 GPD atau 500 GPD

    Opsi 2: Gunakan 2 filter cartridge anion dan 2 filter cartridge cation secara selang seling, semuanya ditempatkan di dalam housing filter 10" dengan in-out menggunakan selang kecil ukuran 1/4" (selang RO). Penting! Instalasi ini hanya untuk aliran super lambat, jadi jangan menggunakan pipa paralon.

    Untuk keempat cartridge tetap wajib di regenerasi secara rutin agar tetap mampu menurunkan TDS. Jika terlambat meregenerasi maka TDS tidak akan turun maksimal (hanya turun sedikit).

    Opsi 3: Beli air RO dari depot air isi ulang

    Demikian jawaban saya dan semoga membantu...

    BalasHapus
  5. Regenerasi filter demin itu kira kira berapa hari pemakaian filter itu harus d regenerasi...???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soal jadwal regenerasi filter demin tidak bisa dipastikan karena dipengaruhi beberapa faktor, antara lain:

      - Tinggi / rendahnya TDS air baku
      - Penggunaan berapa liter/harinya?

      Secara umum regenerasi filter demin bisa 2 hari sekali, setiap hari ataupun sehari 2x, yakni pagi dan sore hari.

      Patokannya adalah TDS hasil produksi di tempat tsb. Jika dalam 1 hari tidak ada kenaikan TDS secara signifikan maka jadwal regenerasi bisa dimundurkan 1 hari.

      Khusus yang menghendaki TDS selalu 0 (NOL) maka jadwal regenerasi bahkan bisa lebih sering.

      Sekali lagi jadwal regenerasi tidak bisa disamakan di setiap tempat. Terima kasih

      Hapus
  6. Apa yang di jadikan patokan kalau filter demin(anion/cation) sudah tidak bisa di regenerasi lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanda filter anion dan kation sudah tidak bisa di regenerasi lagi adalah jika setelah di regenerasi TDS nya sudah tidak bisa turun lagi secara maksimal (seperti sebelum sebelumnya).

      Ini berkaitan dengan pertanyaan:
      Berapa lama masa pemakaian resin anion dan kation?

      Masa penggantian resin anion dan kation sangat dipengaruhi banyak faktor, seperti berapa kg resin yang digunakan dan berapa debit harian air tsb. Merk resin juga berpengaruh walaupun tidak signifikan.

      Jadi bisa dikatakan masa penggantian resin berbeda beda untuk setiap tempat, tetapi secara umum masa penggantian bisa 6 bulan hingga 1,5 tahun.

      Catatan: Jawaban ini adalah untuk penggunaan resin anion dan kation yang dimasukkan dalam tabung filter besar, bukan berbentuk cartridge resin yang dimasukkan ke dalam housing filter.

      Demikian jawaban saya... jika ada hal yang kurang jelas silahkan bertanya kembali 🙏

      Hapus
  7. Air baku dari hasil pemeriksaan DINKES tercatat TDS 11mg/l ,kemudiani setelah di proses ke ultra filtrasi TDS menjadi 31 mg/ l.

    Kemudian diproses kembali menjadi air RO tercatat 12 mg/ l.
    Pertanyaan sy pak....,kenapa setelah melalui proses justru TDK lebih baik TDS nya dari air baku pak....
    Dan sy berencana untuk menempatkan tabung filter pipa PVC 10" tinggi 100 cm dng isi media pasir silica + carbon aktiv dari sumur bor ke penampungan air baku...apakah nnti hal ini akan membuat air baku lebih rendah lagi kah ..? Mhn infonya nya. Dan jika bapak bersedia utk nmr hp yg bisa sy hubungi. Tks pak sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika TDS air baku awal hanya 11 mg/L seharusnya air keluar dari RO TDS nya bisa dibawah 3 mg/L atau bahkan 0 (nol).

      Saran saya sebaiknya ulangi pemeriksaan TDS pada waktu yang sama dan menggunakan 1 alat TDS meter yang sama, jangan alat yang berbeda dan di waktu yang berbeda pula.

      Tetapi sebelumnya jalankan dulu semua filterisasi UF dan RO nya sampai berproduksi lebih dari 10 galon lalu lakukan ulang pengetesan TDS nya.

      Kemudian soal rencana penambahan tabung filter isi pasir silika dan karbon aktif adalah sesuatu yang bagus untuk mengurangi kekeruhan air sebelum masuk ke filter UF dan RO.

      Tetapi untuk diketahui bahwa penambahan filter isi pasir silika dan karbon aktif sebanyak apapun TIDAK AKAN mampu menurunkan TDS sedikitpun, termasuk juga penggunaan filter cartridge spon tidak akan berpengaruh terhadap penurunan TDS air.

      Soal nomor telepon saya? mohon maaf, sebaiknya jika ada pertanyaan dituliskan terbuka disini saja supaya orang lain yang memiliki permasalahan yang sama juga bisa mendapatkan solusi.

      Jika masih ada hal yang kurang jelas silahkan bertanya kembali 🙏

      Hapus
  8. Mohon maaf izin bertanya pak, jd saya rencananya mau menurunkan pH air dgn ro tp air baku nya adalah air buangan boiler dgn kadar TDS sekitar 900 an. Nah sebelum masuk ke ro TDS nya ingin ditekan mungkin di angka 100 agar meringankan beban membran, saya cb pake catridge spun dan CTO tp TDS nya malah naik kalopun turun hanya sedikit skitar 30 an. Apakah ada solusi untuk permasalahan ini pak jika tidak untuk tetap bisa menurunkan pH air dgn kualitas TFS sepertti itu baiknya bagaimana ya? Terima kasih pak, mohon pencerahannya🙏🏻

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penggunaan filter cartridge jenis apapun dan sebanyak apapun tidak akan mampu menurunkan TDS air. Kalaupun turun itupun turunnya sangat sedikit sekali alias tidak signifikan.

      Juga penggunaan karbon aktif granular, powder, GAC dan CTO tidak akan mampu menurunkan TDS air, malah sebaliknya bakal membuat TDS air makin naik.

      Dulu saya juga pernah terkecoh promosi karbon aktif yang dalam video demonya katanya mampu menurunkan TDS air secara signifikan.

      Saya sempat membelinya beberapa karung dengan harga yang lumayan mahal dengan harapan karbon aktif tsb mampu menurunkan TDS tanpa mesin RO lagi.

      Ternyata setelah saya pakai karbon aktif tsb malah menaikkan TDS, ini tidak ada bedanya dengan karbon aktif merk lainnya.

      Kesimpulan:
      Bagaimana cara menurunkan TDS air?
      Ada beberapa cara untuk menurunkan TDS, seperti metode merebus air dan diambil embun-nya, pakai filter Demineral (resin anion dan kation) dan juga pakai mesin RO.

      Tetapi yang saya rekomendasikan adalah dengan menggunakan mesin RO dan filter demineral.

      Khusus untuk air buangan boiler berkapasitas besar, jika ingin menurunkan TDS sekaligus juga pH nya sebaiknya pakai penyaringan filter demineral.

      Itulah cara menurunkan TDS air yang terbukti bisa turun secara signifikan.

      Terima kasih... Jika ada hal yang kurang jelas silahkan bertanya kembali...

      Hapus
    2. Ohiya baik pak kalau bgtu. Kebetulan untuk kasus menurunkan pH air buangan boiler dgn ro itu saya gunakan untuk penyelesaian tugas akhir. Saya menggunakan ro 100 gpd dgn pre treatmen pp 1 micron, gac, dan CTO. Setelah dicoba pre eksperimen nilai TDS dan pH air baku -setelah filter- setelah membran, itu seperti ini pak (TDS 702-823-361 pH 9,92-9,46-9,84) dri hasil ini sya khawatirnya mesin ro memang tdk bisa dgunakan untuk menurunkan ph, saya sudh cb beberapa kali pengulangan tp hasilnya hampir saka ph air dari air baku ke setelah filter turun tp setelah lewat membran itu naik. Kira2 apakah wajar hasilnya seperti ini atau jika terdapat kesalahan karena faktor apa ya pak?

      Hapus
    3. Saat mesin Reverse Osmosis (RO) baru dibeli / baru dipasang penurunan TDS dan pH akan turun bertahap.

      Untuk mengetahui hasil TDS akhir dan pH akhir yang akurat mesin RO harus dihidupkan selama 3 jam dengan kondisi air berproduksi.

      Setelah 3 jam itulah hasil akhirnya (hasil final).

      Setelah 3 jam TDS dan pH air masih akan turun tetapi sudah tidak signifikan lagi. Dan kalau sudah 6 jam biasanya tidak ada pergerakan TDS dan pH lagi.

      Demikian... jika masih ada yang kurang jelas silahkan bertanya kembali...

      Hapus
    4. Penurunan pH dikatakan signifikan dan nilainya akurat itu untuk pengoperasian RO bisa turun brp digit ya pak maksimal?

      Dan jika pH nya naik itu apakah ada pengaruh kurang lamanya waktu pengoperasian atau apa ya pak?

      Hapus
    5. Soal penurunan pH setelah mesin RO itu tidak bisa diprediksi seberapa banyak penurunannya.

      Berdasarkan pengalaman saya, terkadang pH 8,6 bisa turun drastis jadi 5,5.

      Ada juga pH 8,5 turun jadi 8,2

      Ada juga pH 7,5 turun jadi 6,4

      Ada juga pH 7,0 hanya turun jadi 6,9

      Benar benar tidak bisa diprediksi!

      Mengapa turunnya pH nilainya tidak selalu sama terus terang saya juga tidak tau penyebab pastinya.

      Dan saya belum pernah melakukan penelitian yang mendalam untuk mencari tau penyebabnya.

      Kalau pH nya justru naik setelah melewati membran RO itu perlu "penyelidikan" lebih lanjut, bisa jadi kenaikannya disebabkan pemakaian post carbon, cartridge pH alkaline, cartridge bio energy, cartridge hexagonal atau yang sejenisnya.

      Hapus
    6. Setelah membran saya tdk pasang post karbon pak jd air yg diperiksa benar2 hasil keluaran membran. Klo filter yg dipakai sebelum membran itu catridge spun, gac, dan cto saja pak. Untuk kenaikan kira2 karena apa ya pak jika kasusnya sperti itu?

      Hapus
    7. Mohon maaf, ini mas nya pertanyaanya sedang saya jawab di halaman mesin RO.

      Mohon kalau bertanya sebaiknya di 1 halaman yang sama ya, jangan di halaman yang berbeda... saya jadi bingung membaca kronologi pertanyaanya, hehehe....

      Hapus
  9. Saya baca2 diatas, seringkali dikatakan TDS air tidak bisa diturunkan dgn Catridge Filter sebanyak apapun. Apakah termasuk juga bila menggunaan Catridge Filter Pleated 0.1 - 0.2 micron TDS air juga tidak turun signifikan?

    BalasHapus
  10. Pojok Filter Air19 Juli 2022 pukul 08.56

    Ya benar, penggunaan cartridge pleated 0,1 atau ukuran lainnya TDS nya tidak akan ada penurunan yang signifikan, paling bisa turunnya 1% - 5% saja.

    Begitu pula kalau pakai membran ultrafiltrasi (UF), penurunan TDS hanya berkisar 2% - 10% saja.

    Sedangkan kalau pakai membran RO penurunan TDS bisa 60% - 95%

    BalasHapus
  11. untuk filter demineral itu sistem nya harus sirkulasi pake tandon atau langsung dari air baku, tds di rumah saya 108 ppm

    BalasHapus