Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Konsultasi Masalah Filter Air dan Pengolahan Air Berdasarkan Pengalaman

filter air

Anda sedang mencari cara untuk menjernihkan air di rumah menggunakan filter air dari pipa paralon buatan sendiri? Atau mungkin pakai metode lainnya...

Sudah banyak tutorial cara menjernihkan air di blog / Youtube tetapi seringkali hasilnya tidak sesuai harapan, karena sebenarnya masalah air sangat kompleks. Berhasil di satu tempat tetapi belum tentu berhasil di tempat lain walaupun menggunakan metode yang sama.

Masalah cara menjernihkan air PAM, air sumur bor dan air sungai perlu metode yang spesifik dan harus disesuaikan dengan air di tempat tsb.

Saya (admin blog) insya allah cukup berpengalaman masalah tehnik penyaringan air dan kini membuka ruang untuk konsultasi masalah cara menjernihkan air melalui kolom komentar. Silahkan tulis masalah air yang anda alami.

Harap menuliskan:

Masalah air yang dialami:
Tempat tinggal: (nama kota/kabupaten)

Saya berusaha sesegera mungkin menjawab pertanyaan anda.

Silahkan tulis di kolom komentar di bawah...

7 komentar untuk "Konsultasi Masalah Filter Air dan Pengolahan Air Berdasarkan Pengalaman"

  1. Buda Prudential10 Agustus 2020 09.03

    Saya waktu memasak air sumur bor, kerak zat kapurnya banyak sekali. Keran saya juga sering mampet karena zat kapur yang banyak. apakah ini berbahaya bagi kesehatan? jika iya bagaimana cara menghilangkan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sesuai deskripsi yang dituliskan berarti memang benar ditempat bpk/ibu airnya banyak mengandung zat kapur kadar tinggi.

      Apakah berbahaya bagi kesehatan? Iya berbahaya untuk jangka panjang. Selain itu zat kapur tinggi juga akan membuat kran air, pemanas air, shower dan pipa akan mampet dan sulit dibersihkan.

      Solusi untuk menurunkan zat kapur tinggi adalah menggunakan 2 tabung filter yang berisi 4 zak resin softener. Ini terbukti efektif menurunkan zat kapur dalam air.

      Hapus
  2. Selamat siang,mau menanyakan tentang kandungan air pada sumur air, air sumur kami diameter 60 x 8 m,air kami berbau semacam kapur,berasa pahit,dan bekas air di kamar mandi setelah mandi kelihatan semacam kapur,mohon solusinya, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf nanya, apakah benar diameter sumurnya 60 x 8 meter? Itu ukuran yang besar sekali...

      Soal untuk menghilangkan kandungan kapur dalam air itu bisa diatasi dengan filter yang berisi media resin softener.

      Kemudian jika ada keruhnya maka diperlukan tabung filter tambahan yang diisi media seperti pasir silika, pasir zeolit, karbon aktif atau lainnya.

      Masalah filter yang berbeda memerlukan penanganan yang berbeda pula. Demikian jawaban saya... Terima kasih

      Hapus
  3. Jika ada yang ingin bertanya lagi silahkan tulis di kolom komentar...

    BalasHapus
  4. Mau nanya pak... saya menggunakan sumur bor,
    Air pada sumur bor pas di masukan ke tangki sangat jernih, namun setelah didiamkan beberapa jam, menguning dan agak berminyak.

    Filter apa yg bagus digunakan pak?

    Dari Batam

    BalasHapus
  5. Kalau didiamkan beberapa jam berubah kuning itu tandanya air mengandung zat besi tinggi. Solusinya sebaiknya disaring menggunakan tabung filter yang diisi manganese greensand dan karbon aktif.

    Atau bisa juga diisi media filter lain yang mampu menurunkan kandungan zat besi dalam air.

    Sedangkan untuk air berminyak itu ada 2:

    - Minyak yang sebenarnya
    Kalau airnya bercampur minyak bumi sehingga airnya kelihatan berminyak bahkan minyaknya kelihatan mengambang berwarna hitam juga kalau airnya dicium berasa agak berbau minyak tanah maka itu adalah minyak dalam arti yang sebenarnya.

    Minyak yang seperti ini TIDAK BISA difilter menggunakan filter konvensional.

    - Lapisan di permukaan air
    Lapisan ini tampak seperti "kerak" di permukaan air yang dikira minyak, padahal bukan minyak. Lapisan "kerak" tsb akan hilang jika disapu menggunakan tangan.

    Kalau "minyak" yang seperti ini bisa dihilangkan menggunakan media filter manganese greensand, ferrolite, ataupun karbon aktif

    BalasHapus