Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Pasir Silika Halus / Kasar Kemasan Karung dan per Ton M3

 
harga pasir silika
 
Pasir silika / pasir kuarsa memiliki kode kimia SiO2. Penggunaan pasir silika di Indonesia cukup tinggi karena manfaatnya sangat banyak untuk berbagai keperluan industri. Inilah informasi harga pasir silika halus dan kasar kemasan karung (zak) ataupun dalam satuan per ton (M3). Tetapi sebelumnya baca dulu apa saja kegunaan pasir silika.

Kegunaan Pasir Silika

Berikut ini adalah fungsi / kegunaan pasir silika:
 
- Untuk media penyaringan air (water treatment)
Fungsi pasir silika adalah untuk menyaring kekeruhan air sehingga setelah melewati pasir silika kekeruhan akan berkurang atau bahkan air menjadi jernih, ini jika masalah airnya hanyalah problem keruh ringan saja.

- Untuk membersihkan logam berkarat.
Di galangan kapal sebelum proses pengecatan, pasir silika sudah biasa digunakan untuk membersihkan karat dengan cara disemprotkan menggunakan semprotan khusus bertekanan tinggi. Kegiatan ini disebut blasting atau sandblasting.

Logam atau plat besi yang awalnya berkarat setelah di blasting akan menjadi putih bersih mengkilap, setelah itu logam tsb baru bisa di cat.

Selain di galangan kapal kegiatan blasting juga banyak dilakukan di bengkel rekondisi mesin, kilang pertamina, dsb.
 

- Untuk bahan baku bata ringan
Untuk bahan baku hebel / bata ringan pasir silika yang digunakan adalah yang halus dengan mesh diatas 30 dan kondisi pasir harus kering tidak boleh lembab apalagi basah.

Untuk bata ringan umumnya membeli dalam kemasan curah diangkut mengggunakan dump truck.

- Untuk mengkasarkan lantai
Anda pernah terpeleset di lantai semen yang licin? Nah, dengan menggunakan pasir silika yang butirannya kasar (gravel) dicampur dengan semen lalu dibuat menyemen lantai maka lantai akan kasar sehingga orang yang lewat tidak mudah terpeleset.

Pasir silika kasar juga bagus untuk menyemen lantai garansi mobil agar ban mobil tidak mudah terpeleset saat maju ataupun mundur.

- Untuk industri kaca
Industri pembuatan kaca banyak menggunakan pasir silika, khususnya silika cair. Hasil jadinya adalah untuk pembuatan gelas, piring, kaca lampu neon, dsb.

- Untuk Industri lainnya
Ada banyak sekali industri yang bahan bakunya menggunakan pasir silika asal Indonesia. Termasuk hal ini adalah ekspor pasir silika ke China dan Singapura.

- Untuk aquarium
Fungsi pasir silika untuk aquarium adalah untuk dasar aquarium yang biasanya diberi banyak hiasan pasir, salah satunya adalah pasir silika yang berwarna putih.

Baca juga:

Ukuran Pasir Silika

 Ukuran butiran pasir silika menggunakan satuan milimeter (mm) dan juga satuan mesh.
 
pasir silika kasar

 Gambar diatas adalah pasir silika kasar mesh 4-8.

Warna Pasir Silika

Warna pasir silika ada yang putih bersih, ini biasanya yang dipakai untuk aquarium sebagai pasir di dasar aquarium /  aquascape.

Ada juga pasir silika yang warnanya semu kuning yang biasa dipakai untuk penyaringan air dan juga blasting.

Ada juga yang warnanya agak butek (gambar kiri bawah), ini yang biasa digunakan untuk menyaringan air.

harga pasir silika

Perhatikan gambar diatas, walapun ukuran mesh nya sama tetapi warnanya berbeda.

Baca juga:
- Air minum isi ulang
- Merk karbon aktif yang bagus

Harga Pasir Silika

Ada banyak sekali lokasi penambangan pasir silika di Indonesia, antara lain di Bangka, Belitung, Tuban dan beberapa kota / kabupaten lainnya.
 
Perlu saya garis bawahi disini bahwa kualitas dan harga pasir silika tentu berbeda beda. Harga dibawah ini adalah harga pulau jawa di tingkat pengecer dan bukan harga di lokasi penambangan.

Pasir silika kemasan zak 25 kg Rp 45.000 - Rp 65.000
Pasir silika kemasan zak 50 kg Rp 75.000 - Rp 150.000
Pasir silika curah

Jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar di bawah...

2 komentar untuk "Harga Pasir Silika Halus / Kasar Kemasan Karung dan per Ton M3"

  1. Pasir silica kegunaannya utk apa ya pak... trimakasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kegunaan pasir silika untuk menyaring kekeruhan air skala ringan dan sedang. Untuk depot air minum isi ulang pasir silika sudah umum digunakan dan penempatannya biasanya di tabung filter besar yang urutan pertama.

      Untuk depot air minum isi ulang masa penggantian pasir silika dianjurkan 1-2 tahun sekali. Demikian jawaban dari saya dan semoga membantu...

      Hapus