Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apakah Karbon Aktif Bisa Dicuci dan Bagaimana Caranya?

Apakah karbon aktif bisa dicuci dan bagaimana caranya? Berapa lama masa penggantiannya dan apakah bisa dicuci atau sebaiknya langsung diganti yang baru?

apakah karbon aktif bisa dicuci

Sebelumnya perlu anda ketahui ada sangat banyak jenis dan kegunaan karbon aktif, yakni jenis granular dan powder. Dan penggunaanya untuk filter penyaring air, untuk wajah, filter udara, dll.

Tetapi disini saya hanya mengkhususkan diri membahas tentang karbon aktif untuk filter air yang berbentuk butiran (granular) dan powder (bubuk).

Apakah karbon aktif bisa dicuci?

Kalau untuk karbon aktif granular bisa dicuci, tetapi kalau untuk karbon aktif powder tidak bisa dicuci. Jadi untuk bentuk powder sebaiknya langsung dibuang saja.

Apakah setelah dicuci kemampuannya akan sama dengan karbon aktif baru?

Ya tentu tidak! Setelah dicuci kemampuan daya serap karbon aktif paling hanya bisa kembali maksimum  30% . Itu maksimum lho ya...

Karena setelah dicuci bersih maka kotoran yang menyumbat di pori pori karbon aktif akan hilang dan pori pori karbon aktif akan bisa menyerap lagi dengan kemampuan maksimum 30% saja dan tidak bisa kembali menjadi 100% layaknya barang baru.

Jadi karbon aktif sebaiknya dicuci atau langsung diganti yang baru?

Sebaiknya langsung ganti dengan yang baru.

Bagaimana jika saya belum punya uang untuk membeli karbon aktif yang baru?
Ya silahkan saja dicuci dulu lalu dipakai lagi seperti biasa. Hanya saja ini biasanya tidak akan bertahan lama.

Berapa lama masa pakai karbon aktif?
Soal berapa lama masa pakainya itu tidak bisa dihitung dari jumlah liter air, tetapi tergantung dari beberapa faktor, antara lain:

- Merk karbon aktif yang dipergunakan. Karbon aktif di pasaran sangat banyak merknya dengan kemampuan daya serap dan masa pakai yang berbeda beda pula. Kemampuan karbon aktif yang harganya hanya Rp 250.000/zak dengan yang harga Rp 2.500.000/zak tentu sangat berbeda jauh.

- Tingkat keparahan air yang disaring. Semakin keruh, berbau dan merah air yang disaring maka semakin cepat karbon aktif tsb harus diganti.

- Debit air yang disaring. Semakin banyak debit air yang dipakai sehari hari tentu semakin cepat pula penggantiannya.

Apa merk karbon aktif yang bagus?
Penjelasannya bisa dibaca di tulisan saya sebelumnya berjudul merk karbon aktif yang bagus.

Bagaimana cara mencuci karbon aktif?

Tempatkan karbon aktif bekas tsb ke dalam ember besar lalu dicuci seperti mencuci beras dengan menggunakan siraman air bersih biasa.

Proses pencucian karbon aktif dalam ember ini memerlukan air yang cukup banyak. Jika sudah dirasa bersih maka karbon aktif bisa digunakan kembali.

Apakah pencucian boleh menggunakan bahan kimia?
Iya boleh juga menggunakan bahan kimia tertentu atau bisa juga menggunakan citrun zuur yang banyak digunakan sebagai bahan untuk membuat kue.

Penggunaan citrun zuur membantu merontokkan kotoran berupa lumpur dan lainnya yang menempel pada karbon aktif sehingga hasil pencuciannya akan lebih bersih.

Tetapi walaupun nantinya bisa bersih tetapi tetap saja tidak bisa menyerap sebagaimana karbon aktif yang masih baru.

Apakah setelah dicuci harus dijemur?
Tidak perlu. Setelah dicuci bisa langsung di pakai lagi tanpa harus di jemur di bawah panas terik matahari agar kering.

Bagaimana kalau dijemur saja biar kering?
Ya silahkan dicoba saja. Tetapi tetap tidak akan ada pengaruh yang signifikan

Takaran karbon aktif untuk filter air

Soal berapa zak karbon aktif untuk filter air tentu tergantung dari:
- Seberapa parah air yang akan disaring
- Jumlah tabung filter. Apakah 1, 2 atau 3 tabung filter?
- Ukuran tabung filter air. Apakah tabung FRP 1054, 1354 atau diatasnya?

Contoh:
- Untuk depot air minum isi ulang umumnya pakai 1 tabung filter FRP ukuran 1054. Ukuran ini isinya cukup pakai 1 zak karbon aktif saja.

Keterangan: 1 zak karbon aktif umumnya beratnya 25 Kg.

- Untuk tabung filter FRP ukuran 1354 isinya 2 zak karbon aktif.

Apakah karbon aktif bisa mengatasi semua masalah air?
Tentu TIDAK. Karbon aktif fungsi utamanya hanyalah untuk menjernihkan dan menyerap bau air. Tetapi sehebat apapun tetap punya keterbatasan. Ada banyak masalah air yang tidak bisa diatasi dengan media ini, contohnya masalah air berkapur dan air yang berasa asin yang tidak bisa dihilangkan dengan karbon aktif. Dan masih ada lagi beberapa problem air lainnya.

Penutup dan kesimpulan:
Karbon aktif bisa dicuci dengan air biasa, tetapi boleh juga dicuci dengan bahan kimia tertentu atau menggunakan citrun zuur. Tetapi kemampuan penyerapannya tidak akan seperti barang baru lagi.