Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dimana Mencari Penjual TDS Meter Terdekat di Kota Anda?

Dimana harus mencari toko penjual alat TDS Meter terdekat di kota anda? Apa fungsi TDS & EC Meter dan berapa harganya?

Toko Penjual TDS Meter dan EC Meter

jual tds meter terdekat

TDS & EC Meter banyak dijual di toko di bawah ini:
- Toko penjual peralatan hidroponik
- Toko peralatan filter air
- Toko Aquarium
Ketiga toko diatas bisa anda temukan di kota anda. Tetapi jika masih kesulitan mencarinya anda masih bisa membeli TDS Meter dan EC Meter di toko online.

Baca juga:
- Apa itu air RO
- Merk membran RO terbaik

Harga TDS Meter juga TDS & EC Meter

Di pasaran hargannya tentu bervariasi tergantung merk dan kota tempat anda berdomisili. Tetapi rata rata harga di pasaran sbb:

- TDS Meter (tanpa merk) sekitar Rp 50.000an
- TDS Meter (merk HM Digital) sekitar Rp 150.000an
- TDS & EC Meter sekitar Rp 120.000an

Apa itu TDS?

TDS adalah singkatan dari Total Dissolved Solid, yakni zat padat yang terlarut dalam air yang diukur dalam satuan ppm (part per million) atau mg/L.

Apa itu EC? 

Electrical Conductivity (EC)  adalah konduktivitas listrik dalam larutan / cairan. Dalam satuan micro siemens per centimeter (uS/cm)

Apa itu TDS Meter

Adalah alat untuk mengukur kandungan TDS dalam air / cairan. Ada banyak merk dan model TDS Meter yang ada di pasaran, antara lain HM Digital, Xiaomi, dll. Bahkan banyak juga dijual TDS Meter (TDS-3) yang tanpa merk dengan harga murah.

Apa itu EC Meter

EC Meter adalah alat pengukur konduktivitas listrik dalam larutan. Dalam satuan micro siemens per centimeter (uS/cm)

Baca juga:
- Cara menjernihkan air
- Cara menaikkan pH air

Fungsi TDS dan EC Meter

Adalah 1 alat yang bisa memiliki 2 fungsi sekaligus yang digunakan secara bergantian, yakni untuk mengukur kandungan Total Dissolved Solid dan juga mengukur Electrical Conductivity dalam air / cairan.

Yang Membutuhkan TDS dan EC Meter
Umumnya yang membutuhkan TDS & EC Meter adalah budidaya tanaman hidroponik, usaha penjual ikan aquarium, kolam ikan, usaha air minum isi ulang, dll

Apakah TDS dan EC Meter bisa Error?
Ya, sebagai barang elektronik tentu saja bisa error jika barang yang anda beli sensornya kurang bagus sehingga menyebabkan salah pembacaan. Tetapi masalah error jarang terjadi pada alat TDS meter yang harganya mahal / barang asli.

Pentingnya Kalibrasi TDS Meter Secara Rutin
Untuk barang baru ataupun lama jika hasil pembacaan TDS dan EC dirasa kurang akurat / error maka sebaiknya lakukan kalibrasi agar pembacaan sensor kembali normal.

Cara kalibrasi adalah menggunakan cairan kalibrasi yang banyak dijual di toko online dengan harga kurang dari Rp 50.000/botol.

Demikian informasi tentang dimana bisa mencari penjual TDS & EC Meter terdekat di kota anda. Terima kasih telah berkunjung ke pojokfilterair.com.

3 komentar untuk "Dimana Mencari Penjual TDS Meter Terdekat di Kota Anda?"

  1. Jika ada pertanyaan silahkan tuliskan di kolom komentar. Saya lebih suka tanya jawab yang detail dan interaktif 🙏

    BalasHapus
  2. permisi nanya, apakah tds meter bisa dipakai buat ngetes cairan kimia? brp harga tds meter yang asli yang bagus? tkasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. TDS meter sebenarnya bisa digunakan untuk mengetes bahan kimia asalkan tidak bersifat keras seperti air accu, HCL murni, sodium hypochloride liquid dan bahan kimia lainnya yang dikhawatirkan akan merusak elemen sensor pada TDS meter digital tsb.

      TDS meter umumnya digunakan untuk mengetes air minum isi ulang, air RO, air sumur bor, air pada tanaman hidroponik, dan "air biasa" lainnya.

      Untuk pengetesan "air biasa" diatas bisa menggunakan TDS meter 3 digit yang banyak dijual online seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dll.

      Sedangkan untuk mengetes air yang memiliki TDS tinggi seperti air payau dan air laut gunakan TDS meter digital yang diatas 4 digit angka.

      Hapus