Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memilih Merk Filter Air / Filter Cartridge Yang Bagus dan Awet

Bagaimana cara memilih merk filter cartridge yang bagus, awet dan bisa dicuci? Dan berapa harga filter cartridge untuk rumah tangga dan depot air minum isi ulang?
filter cartridge yang bagus dan awet
Housing filter isi filter cartridge spon
Penting bagi anda untuk membaca tulisan ini sampai selesai agar tidak salah memilih filter cartridge tsb.

Filter Cartridge Untuk Penyaringan Air

Filter cartridge (atau katrid) sudah umum digunakan untuk proses penyaringan air. Filter cartridge terbuat dari berbagai macam bahan, antara lain spun, benang (wound), carbon padat dan carbon granular.

Tetapi yang secara khusus saya bahas disini adalah filter cartridge jenis spon yang banyak digunakan untuk filter air PAM, air sumur bor dan juga pada depot air isi ulang. Penempatan filter cartridge ini di dalam housing filter.

Permasalahan yang sering terjadi di lapangan adalah karena air baku yang disaring keruh bahkan merah akibatnya sering mengganti filter cartridge. Lalu kemudian banyak yang mencari info merk filter air yang bagus, awet dan bisa dicuci. Apakah ada?

Apa Ciri Filter Cartridge Yang Bagus?

Banyak orang awam yang mengira filter cartridge yang bagus adalah yang tidak cepat buntu alias mampet yang menyebabkan aliran air mengecil bahkan mati total, hehehe...

Untuk diketahui, ukuran pori filter cartridge menggunakan satuan micron.

1 mm = 1000 micron

Ukuran pori filter cartridge umumnya mulai 100, 50, 20, 10, 5, 3, 1, 05 dan 01 micron. Tetapi yang paling mudah ditemukan di pasaran adalah yang berpori 10, 5, 3, 1, 05 dan 01 micron.

Semakin kecil ukuran micron maka semakin kecil partikel yang bisa disaring dan tentu hasilnya akan lebih jernih dan endapan di bak mandi ataupun galon tentu semakin sedikit.

Jadi jika anda mengira filter cartridge yang bagus adalah yang tidak cepat buntu ya silahkan anda mencari yang ukuran porinya 100 micron, hehehe

Filter Cartridge Yang Awet

Dari uraian saya diatas seharusnya anda bisa memahami bahwa filter cartridge yang awet dipakai (bisa bertahan lama) adalah yang berpori pori besar. Tapi memilih cartridge berpori besar memiliki resiko partikel yang lebih kecil masih bisa lolos.

Lalu bagaimana sebaiknya?
Gunakan penyaringan bertingkat. Maksudnya disini anda sebaiknya menggunakan 2 atau 3 housing filter yang berisi:
- Housing pertama berisi cartridge yang 10 micron
- Housing kedua berisi cartridge 5 micron
- Housing ketiga berisi cartridge 1 micron

Merk Filter Cartridge Yang Bagus dan Awet

Agak sulit juga terbuka disini karena nanti dikira mempromosikan barang yang dimaksud. Tapi demi menjawab pertanyaan diatas tentang cara memilih merk filter air yang bagus maka saya harus tuliskan merknya disini...

- Nano Filter
Ini adalah merk yang cukup populer dan harganya cukup murah. Banyak digunakan untuk filter air PAM, sumur bor ataupun untuk depot air isi ulang. Buatan Indonesia. Harga cartridge nano filter di pasaran antara Rp 6000 - Rp 10.000/bh.

- Dewater
Ini harganya diatas nano filter, dipasaran harganya sekitar Rp 12.000 - Rp 18.000. Dewater buatan Taiwan. Kalau ditimbang bobot cartridge Dewater lebih berat dari merk Nano Filter.

- Cleal CP
Filter cartridge ini buatan Jepang. Harganya kisaran Rp 85.000 - Rp 110.000. Ukuran pori Cleal CP ini benar benar akurat dibanding merk cartridge lainnya yang ada di pasaran. Cartridge Cleal CP ini hanya cocok digunakan untuk penyaringan tahap akhir saja dan jangan digunakan untuk penyaringan tahap awal karena akan cepat buntu karena pori porinya yang halus.

Filter Cartridge Yang Bisa Dicuci

Semua filter cartridge yang saya tulis diatas bisa dicuci / dibersihkan dengan cara disemprot menggunakan air tekanan tinggi (seperti semprotan cuci motor). Maka setelah dicuci biasanya akan bisa digunakan kembali untuk menyaring air sepanjang filter cartridge tsb tidak rusak / terkelupas / penyok.

Tapi jika untuk penggunaan depot air minum isi ulang sebaiknya anda langsung menggantinya dengan yang baru dan tidak perlu dicuci.

Demikian tulisan saya kali ini tentang cara memilih merk filter cartridge yang bagus, awet dan bisa dicuci. Semoga bermanfaat untuk anda...
 

Post a Comment for "Cara Memilih Merk Filter Air / Filter Cartridge Yang Bagus dan Awet"