Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Merk Filter Air / Filter Cartridge Yang Bagus dan Awet

Bagaimana cara memilih merk filter cartridge yang bagus, awet dan bisa dicuci? Dan berapa harga filter cartridge untuk rumah tangga dan depot air minum isi ulang?
filter cartridge yang bagus dan awet
Housing filter isi filter cartridge spon
Penting bagi anda untuk membaca tulisan ini sampai selesai agar tidak salah memilih filter cartridge tsb.

Filter Cartridge Untuk Penyaringan Air

Filter cartridge (atau katrid) sudah umum digunakan untuk proses penyaringan air. Filter cartridge terbuat dari berbagai macam bahan, antara lain spun, benang (wound), carbon padat dan carbon granular.

Tetapi yang secara khusus saya bahas disini adalah filter cartridge jenis spon yang banyak digunakan untuk filter air PAM, air sumur bor dan juga pada depot air isi ulang. Penempatan filter cartridge ini di dalam housing filter.

Permasalahan yang sering terjadi di lapangan adalah karena air baku yang disaring keruh bahkan merah akibatnya sering mengganti filter cartridge. Lalu kemudian banyak yang mencari info merk filter air yang bagus, awet dan bisa dicuci. Apakah ada?

Apa Ciri Filter Cartridge Yang Bagus?

Banyak orang awam yang mengira filter cartridge yang bagus adalah yang tidak cepat buntu alias mampet yang menyebabkan aliran air mengecil bahkan mati total, hehehe...

Untuk diketahui, ukuran pori filter cartridge menggunakan satuan micron.

1 mm = 1000 micron

Ukuran pori filter cartridge umumnya mulai 100, 50, 20, 10, 5, 3, 1, 05 dan 01 micron. Tetapi yang paling mudah ditemukan di pasaran adalah yang berpori 10, 5, 3, 1, 05 dan 01 micron.

Semakin kecil ukuran micron maka semakin kecil partikel yang bisa disaring dan tentu hasilnya akan lebih jernih dan endapan di bak mandi ataupun galon tentu semakin sedikit.

Jadi jika anda mengira filter cartridge yang bagus adalah yang tidak cepat buntu ya silahkan anda mencari yang ukuran porinya 100 micron, hehehe

Filter Cartridge Yang Awet

Dari uraian saya diatas seharusnya anda bisa memahami bahwa filter cartridge yang awet dipakai (bisa bertahan lama) adalah yang berpori pori besar. Tapi memilih cartridge berpori besar memiliki resiko partikel yang lebih kecil masih bisa lolos.

Lalu bagaimana sebaiknya?
Gunakan penyaringan bertingkat. Maksudnya disini anda sebaiknya menggunakan 2 atau 3 housing filter yang berisi:
- Housing pertama berisi cartridge yang 10 micron
- Housing kedua berisi cartridge 5 micron
- Housing ketiga berisi cartridge 1 micron

Merk Filter Cartridge Yang Bagus dan Awet

Agak sulit juga terbuka disini karena nanti dikira mempromosikan barang yang dimaksud. Tapi demi menjawab pertanyaan diatas tentang cara memilih merk filter air yang bagus maka saya harus tuliskan merknya disini...

- Nano Filter
Ini adalah merk yang cukup populer dan harganya cukup murah. Banyak digunakan untuk filter air PAM, sumur bor ataupun untuk depot air isi ulang. Buatan Indonesia. Harga cartridge nano filter di pasaran antara Rp 6000 - Rp 10.000/bh.

- Dewater
Ini harganya diatas nano filter, dipasaran harganya sekitar Rp 12.000 - Rp 18.000. Dewater buatan Taiwan. Kalau ditimbang bobot cartridge Dewater lebih berat dari merk Nano Filter.

- Cleal CP
Filter cartridge ini buatan Jepang. Harganya kisaran Rp 85.000 - Rp 110.000. Ukuran pori Cleal CP ini benar benar akurat dibanding merk cartridge lainnya yang ada di pasaran. Cartridge Cleal CP ini hanya cocok digunakan untuk penyaringan tahap akhir saja dan jangan digunakan untuk penyaringan tahap awal karena akan cepat buntu karena pori porinya yang halus.

Filter Cartridge Yang Bisa Dicuci

Semua filter cartridge yang saya tulis diatas bisa dicuci / dibersihkan dengan cara disemprot menggunakan air tekanan tinggi (seperti semprotan cuci motor). Maka setelah dicuci biasanya akan bisa digunakan kembali untuk menyaring air sepanjang filter cartridge tsb tidak rusak / terkelupas / penyok.

Tapi jika untuk penggunaan depot air minum isi ulang sebaiknya anda langsung menggantinya dengan yang baru dan tidak perlu dicuci.

Demikian tulisan saya kali ini tentang cara memilih merk filter cartridge yang bagus, awet dan bisa dicuci. Semoga bermanfaat untuk anda...
 

10 komentar untuk "Cara Memilih Merk Filter Air / Filter Cartridge Yang Bagus dan Awet"

  1. Jika ada yang ingin bertanya silahkan tulis di kolom komentar di bawah ini. Saya akan berusaha menjawab sesuai pengalaman saya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau nanya pak.. klo dari sumur bor (airnya termasuk jernih) kemudian ada filter 1054 (1 tabung). Sebaiknya pake housing berapa tabung dan catridge ukuran brp aja sebelum masuk ke toren pak..? Supaya airnya lbh bersih. Terimakasih.

      Hapus
    2. Setelah tabung filter besar boleh ditambahkan lagi 1 housing filter yang diisi filter cartridge spun ukuran 5 micron atau 3 micron

      Hapus
  2. Silahkan bagi yang ingin bertanya lagi...

    BalasHapus
  3. Knpa ad lendir di filter?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penyebab adanya lendir di filter cartridge antara lain:

      - Di tahapan awal hingga akhir penyaringan seluruhnya menggunakan filter cartridge berpori besar, misalnya yang 05 micron atau 3 micron.

      Seharusnya penyaringan filter cartridge harus bertingkat, di awal gunakan pori besar yang 10 micron dan di tahapan akhir menggunakan cartridge yang 1 micron.

      - Kemungkinan kedua karena penggantian filter cartridge terlalu lama. Untuk diketahui, normalnya penggantian cartridge antara 3 -4 bulan.

      - Kemungkinan ketiga, ada partikel super halus yang masih lolos dari cartridge 01 micron sehingga berakumulasi membentuk lendir di filter cartridge. Solusinya gunakan filter cartridge jenis pleated atau filter keramik yang memiliki pori sangat halus.

      Cara ini terbukti efektif dalam mencegah adanya lendir tetapi konsekuensinya filter cartridge akan cepat buntu.

      Hapus
    2. saya menggunakan air wtp, namun kadang masih ada cacing kecil merah, sebaiknya menggunakan filter apa dan ukuran berapa ? terima kasih

      Hapus
    3. Kalau ada cacing merah sebaiknya gunakan klorin tablet kecil yang dimasukkan ke dalam alat yang namanya klorinator.

      Klorinator ini pemasangannya di jalur pipa output yang keluar dari sumur bor.

      Tujuan penggunaan klorin tablet adalah untuk sterilisasi air, termasuk untuk membunuh cacing kecil merah dan juga telur / larva cacing.

      Untuk filter cartridge gunakan yang ukuran porinya 01 micron.

      Demikian jawaban saya... Jika ada yang kurang jelas silahkan bertanya kembali 🙏

      Hapus
  4. Sy baru bikin sumur bor satu Minggu yang lalu.kedalaman 30mt. Kondisi masih perpasir halus setiap kali dinyalakan.. proses pengurasan masih terus dilakukan sehari 2 jam pagi dan sore.. air keluar jernih tapi setelah bbrp jam berubah agak kuning dan berkarat berminyak ada bau besi. apakah menggunakan filter cartridge ini efektif masalhanya akan beres.. memakai 4 tabung misalnya
    Apa harus menunggu dulu .. kurang sabar jadi kesel... Maafkan... Mohon penjelasan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini adalah review filter air berdasarkan pengalaman saya:

      Untuk masalah air sumur bor yang awalnya jernih lalu beberapa jam berubah jadi kuning itu tidak akan bisa dan tidak akan mampu dijernihkan pakai filter cartridge merk apapun, walaupun menggunakan 4 filter cartridge.

      Walaupun juga filter cartidge tsb dikombinasikan dengan penggunaan carbon block (CTO), resin atau yang lainnya.

      Itu akan sia sia dan air yang kuning tidak akan jernih, paling kuningnya hanya berkurang sedikit saja...

      Solusi yang terbukti efektif menjernihkan air yang kuning akibat zat besi tinggi (bukan kuning akibat zat organik), maka bisa menggunakan 2 tabung filter FRP 10" yang diisi 2 zak manganese greensand dan 2 zak karbon aktif.

      Catatan:
      - Tips ini untuk penggunaan rumah tangga, bukan skala besar.
      - Jumlah media manganese greensand & karbon aktif masing masing harus 2 zak, tidak boleh kurang dari itu.

      Dimana bisa membeli filter air dan media filter tsb? Carilah penjual filter air terdekat di kota anda.

      Demikian jawaban saya, semoga membantu. Jika ada hal yang kurang jelas silahkan bertanya kembali 🙏

      Hapus