Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Konsultasi Masalah pH Air

konsultasi ph air

Masalah air sungguh beragam, salah satunya masalah pH air. Untuk diketahui, pH air sangat penting untuk usaha air minum isi ulang, usaha perikanan (kolam, aquarium) budidaya ikan hias ataupun lainnya karena banyak konsekuensi / akibat yang akan dialami jika pH air tidak memenuhi standar normal.

Disini saya membuka konsultasi seputar pH air melalui kolom komentar.

Tidak perlu berbasa basi, cukup tuliskan nama dan permasalahan yang dialami. Saya usahakan pertanyaan bisa saya jawab sesegera mungkin.

Silahkan tulis pertanyaan di kolom komentar...

15 comments for "Konsultasi Masalah pH Air"

  1. Apa sebabnya batu karang tidak digunakan untuk menaikkan ph air minum...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya batu karang laut bisa dan boleh digunakan untuk menaikkan pH air minum.

      Penempatan batu karang laut diletakkan di dasar tandon / bak penampungan air baku awal.

      Tetapi sebelumnya batu karang harus dibersihkan dulu pakai air biasa tanpa sabun baru dimasukkan ke dalam tandon awal air baku.

      Atau akan lebih baik lagi kalau selain dicuci batu karang juga direndam dalam ember selama 1 minggu sebelum dimasukkan ke dalam tandon air baku.

      Tujuan perendaman adalah untuk mengurangi rasa asin dari batu karang laut tsb.

      Efek samping:

      Jika proses penghilangan rasa asin dari batu karang ini kurang maksimal maka hasil air minum juga sedikit banyak akan berasa agak asin dan bakal ada kenaikan TDS yang cukup signifikan.

      Kalau dari sisi pH bakal ada kenaikan, semakin banyak batu karang laut yang digunakan semakin signifikan kenaikan pH nya, tetapi dari sisi TDS juga bakal ada kenaikan.

      Delete
  2. Replies
    1. Saya waktu memasak air sumur bor, kerak zat kapurnya banyak sekali. Keran saya juga sering mampet karena zat kapur yang banyak. apakah ini berbahaya bagi kesehatan? jika iya bagaimana cara menghilangkan?

      Delete
    2. @Buda Prudential.

      Mohon maaf, di halaman ini sebenarnya saya khususkan membahas masalah pH air.

      Maka dari itu pertanyaan ini saya salin dan tulis juga di halaman yang khusus membahas masalah filter air di https://www.pojokfilterair.com/2020/07/filter-air.html .

      Tapi juga akan saya jawab disini:

      Kalau sesuai deskripsi yang dituliskan berarti memang benar ditempat bpk/ibu airnya banyak mengandung zat kapur kadar tinggi.

      Solusi untuk menurunkan zat kapur tinggi adalah menggunakan 2 tabung filter yang berisi 4 zak resin softener. Ini terbukti efektif menurunkan zat kapur dalam air.

      Delete
  3. gan mau nanya cara menurunkan ph air alami dan aman untuk budidaya ikan hias gmn yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada banyak pilihan untuk menurunkan pH air untuk ikan hias, antara lain menggunakan bioring penurun pH atau merendam kayu apung ke dalam aquarium / kolam.

      Tetapi penggunaan kayu apung sedikit banyak akan merubah warna air kolam karena pengaruh zat tanin yang keluar dari kayu tsb.

      Solusinya sebaiknya sebelum dimasukkan ke dalam kolam kayu apung direndam dulu di tempat lain selama 1 minggu untuk menghilangkan zat tanin tsb.

      Sisi minusnya, penggunaan kayu apung untuk menurunkan pH tidak bertahan lama dan anda harus mengganti kayu apung dengan yang baru setiap 2-3 bulan sekali.

      Solusi lain untuk menurunkan pH air kolam adalah dengan penggunaan HCL dengan dosis super rendah, sebab kalau dosisnya kebanyakan malah membuat ikan mati.

      Kalau tidak mau repot anda bisa cari obat tetes cair untuk menurunkan pH air kolam yang banyak dijual di toko aquarium atau di toko online / marketplace.

      Delete
  4. Aman gak ya menurunkan pH pakai tawas.untuk budidaya ikan hias....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman.... tapi jangan langsung pakai tawas di kolam ikan, tapi menabur tawasnya di tempat lain, setelah 24 jam baru ambil airnya.

      Oh iya, untuk pengetesan pH air hati hati kalau pakai pH meter digital, apalagi yang harganya murahan karena seringkali hasil pH nya nggak akurat. Lebih baik pakai pH tetes atau kertas lakmus yang harganya diatas Rp 80.000.

      Jangan pula pakai kertas lakmus yang harganya dibawah Rp 80.000 karena tidak akurat juga.

      #Berdasarkanpengalaman

      Delete
  5. PH air sumur saya 3.4, air sumur ini mau saya gunakan buat budidaya ikan lele. Kebutuhan PH air budidaya ikan lele adalah min 6.8. Bagaimana cara menaikkan PH air sumur tersebut secara alami? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada banyak cara menaikkan pH air sumur, antara lain pakai soda kue, soda ash, caustic soda, batu kapur, karang laut yang sudah dicuci, dll.

      Delete
  6. Selamat siang,mau menanyakan tentang kandungan air pada sumur air,air sumur kami diameter 60 x 8 m,air kami berbau semacam kapur,berasa pahit,dan bekas air di kamar mandi setelah mandi kelihatan semcam kapur,mohon solusinya,terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf... pertanyaan anda sepertinya lebih tepat ke halaman tentang konsultasi filter air. Maka dari itu pertanyaan bapak saya pindahkan ke halaman https://www.pojokfilterair.com/2020/07/filter-air.html

      Halaman ini khusus pertanyaan tentang pH air. Terima kasih

      Delete
  7. Saya mempunyai depot air minum, ph nya masih dibawah 6.5, gmana cara menaikkan ph nya ya tor?

    ReplyDelete
  8. Maaf, izinkan saya bertanya, bagaimana caranya menaikkan ph air Amdk ya? Saya udah pernah mencoba soda kue tapi hasilnya kurang bermanfaat. Ph air test rutin 5,2

    ReplyDelete