Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menaikkan / Menurunkan pH Air, Ini Bisa Jadi Pilihan

konsultasi ph air

Masalah air sungguh beragam, salah satunya masalah pH air. Disini saya akan membahas cara menaikkan / menurunkan pH air minum, air hujan, air kolam ikan dan termasuk kolam renang.

Seperti kita ketahui, kestabilan pH air sangat penting untuk usaha air minum isi ulang, usaha perikanan (kolam, aquarium) budidaya ikan hias, ikan cupang, budidaya hidroponik ataupun lainnya karena banyak konsekuensi / akibat yang akan dialami jika pH air tidak memenuhi standar normal.

Range pH Air

Range pH air antara 0 -14. Hal ini juga menegaskan bahwa tidak ada pH yang diatas 14. 

pH 0 - 5 masuk katagori asam
pH 6 - 8 masuk katagori normal
pH 8 keatas masuk katagori tinggi

Cara Menaikkan pH Air

Inilah media untuk menaikkan pH air :

A. Untuk air minum dan usaha air isi ulang:
- Corosex
- Soda kue
- pH booster carbon block
- ORP Ceramic ball

B. Untuk Air sumur bor
- Kapur gamping
- Batu kapur
(direndam di dasar bak air)
- Soda ash

C. Untuk kolam renang
- Soda ash
- Kaporit (pH juga bakal naik)
- pH Adjuster (banyak jenisnya)

D. Untuk aquarium
- Kulit kerang
- Soda kue
- Kalium Hidroksida

E. Untuk kolam ikan kecil / besar
- Probiotik pH
- Soda ash

F. Untuk air hujan
- Soda ash
- Soda kue

G. Untuk hidroponik
- Soda ash
- Kalium hidroksida
- Soda kue

Cara Menurunkan pH Air

Untuk menurunkan pH air ada beberapa pilihan yang bisa digunakan:

A. Untuk Aquarium
- Super Bioring
- Super pH Down
- Tawas powder

Penting! Fungsi tawas adalah untuk penjernih air dan "efek sampingnya" pH akan turun. Untuk aquarium tawas jangan langsung dimasukkan ke dalam aquarium, tetapi air yang akan diturunkan pH nya dimasukkan dulu ke dalam drum lalu diberi tawas sebanyak 5 sendok makan, diamkan 24 jam lalu ambil airnya.

B. Untuk kolam ikan kecil / besar
- Daun ketapang
- Ekstrak ketapang cair
(bentuk cair dalam botol)
- Bakteri Ecotru - OD

C. Untuk kolam renang dan air sumur bor
Gunakan cairan HCL. Tetapi untuk diketahui HCL adalah cairan kimia yang keras dan tidak boleh digunakan sembarangan, harus hati hati.

D. Untuk usaha air minum isi ulang
Penggunaan mesin RO dapat menurunkan TDS air secara signifikan dan juga memiliki "efek samping" penurunan pH air. 

Selain mesin RO belum ada rekomendasi bahan yang dapat digunakan untuk penurun pH air tanpa resiko kenaikan TDS air dan perubahan rasa air.

Cara Mengetahui pH Air

Gunakan alat pengukur pH air yang banyak dijual di pasaran, baik pH meter digital, kertas lakmus ataupun pH tetes / pH drop.

Satu hal penting disini yang saya dapatkan dari pengalaman, jangan gunakan kertas lakmus yang harganya murah dibawah Rp 80.000/ pack karena hasilnya tidak akurat, bahkan melenceng jauh.

Untuk pH meter digital yang harga murah sebaiknya juga jangan langsung dipercaya mentah mentah karena hasilnya seringkali juga tidak akurat.

Kombinasi yang saya rekomendasikan sebaiknya gunakan 2 alat pengukur pH untuk pembanding, misalnya pH meter digital + kertas lakmus, atau pH meter digital + pH drop.

Sampai disini penjelasan saya...

Disini saya membuka ruang konsultasi seputar pH air. Jika ada hal yang kurang jelas dari uraian saya diatas silahkan tulis pertanyaan di kolom komentar. Insya allah akan saya jawab berdasarkan pengalaman saya di dunia water treatment

23 komentar untuk "Cara Menaikkan / Menurunkan pH Air, Ini Bisa Jadi Pilihan"

  1. Apa sebabnya batu karang tidak digunakan untuk menaikkan ph air minum...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya batu karang laut bisa dan boleh digunakan untuk menaikkan pH air minum.

      Penempatan batu karang laut diletakkan di dasar tandon / bak penampungan air baku awal.

      Tetapi sebelumnya batu karang harus dibersihkan dulu pakai air biasa tanpa sabun baru dimasukkan ke dalam tandon awal air baku.

      Atau akan lebih baik lagi kalau selain dicuci batu karang juga direndam dalam ember selama 1 minggu sebelum dimasukkan ke dalam tandon air baku.

      Tujuan perendaman adalah untuk mengurangi rasa asin dari batu karang laut tsb.

      Efek samping:

      Jika proses penghilangan rasa asin dari batu karang ini kurang maksimal maka hasil air minum juga sedikit banyak akan berasa agak asin dan bakal ada kenaikan TDS yang cukup signifikan.

      Kalau dari sisi pH bakal ada kenaikan, semakin banyak batu karang laut yang digunakan semakin signifikan kenaikan pH nya, tetapi dari sisi TDS juga bakal ada kenaikan.

      Hapus
  2. Balasan
    1. Saya waktu memasak air sumur bor, kerak zat kapurnya banyak sekali. Keran saya juga sering mampet karena zat kapur yang banyak. apakah ini berbahaya bagi kesehatan? jika iya bagaimana cara menghilangkan?

      Hapus
    2. @Buda Prudential.

      Mohon maaf, di halaman ini sebenarnya saya khususkan membahas masalah pH air.

      Maka dari itu pertanyaan ini saya salin dan tulis juga di halaman yang khusus membahas masalah filter air di https://www.pojokfilterair.com/2020/07/filter-air.html .

      Tapi juga akan saya jawab disini:

      Kalau sesuai deskripsi yang dituliskan berarti memang benar ditempat bpk/ibu airnya banyak mengandung zat kapur kadar tinggi.

      Solusi untuk menurunkan zat kapur tinggi adalah menggunakan 2 tabung filter yang berisi 4 zak resin softener. Ini terbukti efektif menurunkan zat kapur dalam air.

      Hapus
  3. gan mau nanya cara menurunkan ph air alami dan aman untuk budidaya ikan hias gmn yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada banyak pilihan untuk menurunkan pH air untuk ikan hias, antara lain menggunakan bioring penurun pH atau merendam kayu apung ke dalam aquarium / kolam.

      Tetapi penggunaan kayu apung sedikit banyak akan merubah warna air kolam karena pengaruh zat tanin yang keluar dari kayu tsb.

      Solusinya sebaiknya sebelum dimasukkan ke dalam kolam kayu apung direndam dulu di tempat lain selama 1 minggu untuk menghilangkan zat tanin tsb.

      Sisi minusnya, penggunaan kayu apung untuk menurunkan pH tidak bertahan lama dan anda harus mengganti kayu apung dengan yang baru setiap 2-3 bulan sekali.

      Solusi lain untuk menurunkan pH air kolam adalah dengan penggunaan HCL dengan dosis super rendah, sebab kalau dosisnya kebanyakan malah membuat ikan mati.

      Kalau tidak mau repot anda bisa cari obat tetes cair untuk menurunkan pH air kolam yang banyak dijual di toko aquarium atau di toko online / marketplace.

      Hapus
  4. Aman gak ya menurunkan pH pakai tawas.untuk budidaya ikan hias....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aman.... tapi jangan langsung pakai tawas di kolam ikan, tapi menabur tawasnya di tempat lain, setelah 24 jam baru ambil airnya.

      Oh iya, untuk pengetesan pH air hati hati kalau pakai pH meter digital, apalagi yang harganya murahan karena seringkali hasil pH nya nggak akurat. Lebih baik pakai pH tetes atau kertas lakmus yang harganya diatas Rp 80.000.

      Jangan pula pakai kertas lakmus yang harganya dibawah Rp 80.000 karena tidak akurat juga.

      #Berdasarkanpengalaman

      Hapus
  5. PH air sumur saya 3.4, air sumur ini mau saya gunakan buat budidaya ikan lele. Kebutuhan PH air budidaya ikan lele adalah min 6.8. Bagaimana cara menaikkan PH air sumur tersebut secara alami? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada banyak cara menaikkan pH air sumur, antara lain pakai soda kue, soda ash, caustic soda, batu kapur, karang laut yang sudah dicuci, dll.

      Hapus
  6. Selamat siang,mau menanyakan tentang kandungan air pada sumur air,air sumur kami diameter 60 x 8 m,air kami berbau semacam kapur,berasa pahit,dan bekas air di kamar mandi setelah mandi kelihatan semcam kapur,mohon solusinya,terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf... pertanyaan anda sepertinya lebih tepat ke halaman tentang konsultasi filter air. Maka dari itu pertanyaan bapak saya pindahkan ke halaman https://www.pojokfilterair.com/2020/07/filter-air.html

      Halaman ini khusus pertanyaan tentang pH air. Terima kasih

      Hapus
  7. Saya mempunyai depot air minum, ph nya masih dibawah 6.5, gmana cara menaikkan ph nya ya tor?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk menaikkan pH air minum isi ulang bisa menggunakan cartridge corosex atau pH booster carbon block (pilih salah satunya saja).

      Anda bisa menggunakan 2 cartridge sekaligus.

      Hapus
  8. Maaf, izinkan saya bertanya, bagaimana caranya menaikkan ph air Amdk ya? Saya udah pernah mencoba soda kue tapi hasilnya kurang bermanfaat. Ph air test rutin 5,2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, penggunaan soda kue takarannya berapa banyak? Sebab soda kue sudah terbukti bisa menaikkan pH air.

      Tetapi untuk skala pabrik AMDK saya merekomendasikan penggunaan corosex atau bahan lainnya.

      Terima kasih

      Hapus
  9. Saya persilahkan bagi yang ingin bertanya lagi...

    BalasHapus
  10. selamat malam Gan

    mau nanya PH air tambak tawar saya PH nya 9,73 persen di akibatkan air hujan dan sempat kebanjiran begitu juga kali sebelah tambak saya. tadinya normal antara 6,5 sampai dengan 8 akibat hujan hujan dan banjir menjadi 9,73.

    Bagaimana solusi cara menurunkan PH air nya .... Thx Q

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf, dari uraian diatas sepertinya ada yang janggal pak. Umumnya kalau saat terjadi hujan apalagi hujan besar biasanya pH air malah turun dibawah 6 bahkan sampai menjadi pH 4.

      Ini kemungkinannya alat pH meter yang bermasalah (error). Saran saya selain membeli pH meter digital sebaiknya beli juga pH tetes untuk perbandingan.

      Untuk diketahui, alat pH meter digital yang ada di pasaran banyak sekali yang tidak akurat dan mudah error, apalagi yang harganya dibawah Rp 100.000 an.

      Maka dari ini saya tidak akan menjawab pertanyaan tentang cara menurunkan pH air tambak tawar karena nantinya malah beresiko ekosistem di tambak malah mati.

      Demikian jawaban dari saya, semoga membantu...

      Hapus
  11. permisi gan, mau tanya. apakah citrun (asam sitrat) bisa digunakan untuk menurunkan pH? mengingat citrun bersifat asam. terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar... citrun zuur dapat menurunkan pH air

      Hapus
  12. Jika ada pertanyaan silahkan tuliskan di kolom komentar...

    Saya lebih suka tanya jawab yang detail dan interaktif karena permasalahan air tentu berbeda di setiap tempat 🙏

    BalasHapus