Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menaikkan pH air Secara Alami Tanpa Bahan Apapun

cara menaikkan ph air secara alami

Boleh percaya atau tidak, cara ini terbukti dapat menaikkan pH air secara alami tanpa bahan penaik pH apapun. Simak terus penjelasan saya hingga tuntas.

Cara menaikkan pH air secara alami

Cara ini sudah lama saya ketahui dan sudah saya buktikan menggunakan alat test pH air, dan hasilnya pH airnya terbukti naik meskipun tanpa bahan kimia apapun.

Caranya sebenarnya sepele dan tanpa biaya sama sekali, tetapi cara ini terbukti menaikkan pH air hujan, air kolam, air aquarium, air hidroponik, dll.

Gimana caranya? 

Caranya hanyalah dengan mendiamkan air tsb selama beberapa hari di dalam drum, tandon plastik, ember, botol plastik, galon air, tandon stainless, dll.

Saya sering melakukan pengetesan pH air secara berkala, selama beberapa hari, pada wadah yang sama. Hasilnya terjadi kenaikan pH air setiap harinya secara bertahap. 

Syaratnya hanya 1, air di wadah tsb tidak boleh ditambah lagi airnya selama beberapa hari hingga kenaikan pH air yang diinginkan bisa tercapai.

Dari pengujian, rata rata kenaikan pH harian 0,5 hingga 0,8 digit.

Contoh:
Air hujan ditampung di toren / tandon air. Saat pertama kali masuk (hari pertama) pH nya 4,0. Besoknya di test lagi telah terjadi kenaikan pH air menjadi 4,6.

Hari ke 3 naik menjadi 5,2

Hari ke 4 naik menjadi 5,7

Hari ke 5 naik menjadi 6,4

Hari ke 6 naik menjadi 6,8

Hari ke 7 naik menjadi 7,6

Catatan: Bisa jadi di tempat anda angka kenaikan harian berbeda.

Kenaikan pH harian akan terasa lebih cepat dan extreem jika wadah penampungan terkena panas sinar matahari.

Silahkan anda buktikan sendiri kenaikan pH nya. Yang penting gunakan alat test pH air yang akurat dan bukan yang murahan, hati hati terkecoh dengan alat test pH air kualitas abal abal.

Baca juga:
- Penjual kertas lakmus terdekat
- Penjual TDS meter terdekat

Jadi jika anda mencari cara menaikkan pH air kolam secara alami, ya coba biarkan air di kolam tsb selama 4-7 hari (tanpa airnya ditambah), niscaya dengan sendirinya akan terjadi kenaikan pH air.

Hal ini juga berlaku untuk air di aquarium kaca.

Jika anda menjalankan budidaya hidroponik maka anda bisa menampung air di drum atau tandon air selama 4-7 hari sebelum digunakan.

Yang menjadi "kelemahan" dalam menjalankan metode ini adalah lamanya waktu pendiaman air tsb sehingga cara ini tidak cocok diterapkan untuk usaha air minum isi ulang mineral ataupun yang menggunakan mesin RO.

Untuk cara menaikkan pH air secara cepat silahkan baca tulisan saya sebelumnya mengenai cara menaikkan pH air. Ada beberapa opsi disitu.

Baca juga:
- Cara menjernihkan air
- Cara menurunkan TDS air

Demikian informasi tentang cara menaikkan pH air secara alami tanpa bahan apapun. Jika ada pertanyaan jangan ragu bertanya melalui kolom komentar.

Posting Komentar untuk "Cara Menaikkan pH air Secara Alami Tanpa Bahan Apapun"