Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berapa Kedalaman Sumur Bor Untuk Pompa Jet Pump dan Pompa Satelit?

berapa kedalaman sumur bor

Berapa sebaiknya kedalaman sumur bor untuk pompa jet pump dan pompa satelit (submersible) yang paling bagus dan ideal? Baca sampai tuntas yaa...

Sebelumnya saya ingin mengajukan pertanyaan: Mana yang didahulukan, beli pompa air ataukah mengebor?

Saran saya sebaiknya dahulukan mengebor sumur karena kita belum tau berapa meter kedalaman permukaan air tanah tsb.

Apakah 1 meter sudah ketemu air?
Apakah 5 meter sudah ketemu air?
Apakah 30 meter baru ketemu air?
Ataukah tidak ada air sama sekali?

Kita tidak akan pernah tau berapa meter akan ketemu air. Untuk dipahami, kedalaman permukaan air tanah berbeda di setiap lokasi, bahkan dengan tetangga sebelah rumahpun kedalaman muka air tanah pasti berbeda.

Jika sudah selesai pengeboran, lanjut ke tahap selanjutnya...

Pompa air jenis apa yang sesuai dengan sumur anda?

Apakah jenis pompa sumur dangkal, pompa semi jet pump, pompa jet pump ataukah harus pakai pompa submersible? Masing masing pompa tsb memiliki kemampuan batas hisap yang berbeda.

Memahami kemampuan batas hisap pompa air adalah suatu keharusan sebelum anda membeli pompa air. Ini bertujuan agar tidak terjadi salah beli yang mengakibatkan kerugian untuk anda sendiri karena biasanya penjual pompa air menolak untuk tukar barang akibat salah beli.

 
Batas hisap pompa air
 
Kemampuan hisap pompa air dilihat dari batas level muka air tanah (di dalam tanah). Antara pompa sumur dangkal, semi jetpump dan jetpump memiliki batas ketinggian level air tanah untuk dihisap. Jika lebih dalam dari batas maksimalnya maka pompa tidak akan mampu untuk menghisap air.

Lihat tabel di bawah ini:
Type Pompa Level Air Tanah
Pompa Sumur Dangkal max 9 meter
Pompa Semi Jetpump max 11 meter
Pompa Jetpump max 21 meter
Bisa dilihat diatas bahwa batas level air tanah untuk pompa jetpump adalah di 21 meter. Jadi untuk kedalaman pengeboran maksimal di 30 meter saja sudah cukup.

Bagaimana jika di bor lebih dalam lagi? Ya silahkan saja, tidak masalah....

Baca juga:

Pertanyaan umum (FAQ):

- Tanya: Apakah pipa hisap pompa sumur dangkal panjangnya boleh sampai 16 meter?
Jawab: Boleh, sepanjang permukaan air tanah tidak lebih dari 9 meter. Jika lebih dari 9 meter pompa tidak akan mampu menghisap air walaupun panjang pipa hisapnya sampai 16 meter.

- Tanya: Kedalaman berapa untuk batas hisap pompa submersible?
Jawab: Batas hisap pompa submersible berbeda beda tergantung merk dan type pompanya. Sebaiknya tanyakan kepada penjual detail spesifikasi pompa submersible yang akan dibeli.

- Tanya: Saya sudah mengebor sumur baru dengan pipa casing 2", tetapi ternyata muka air tanah ada di kedalaman 15 meter. Apakah bisa menggunakan pompa jet pump?
Jawab: Jika menggunakan mata jet pump maka tidak akan bisa dimasukkan ke dalam pipa casing 2". Solusinya gunakan mata jet pump modifikasi yang ada dijual di toko marketplace.

Baca juga:

Demikian informasi tentang berapa kedalaman sumur bor untuk pompa jet pump dan pompa satelit. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis di kolom komentar

Posting Komentar untuk "Berapa Kedalaman Sumur Bor Untuk Pompa Jet Pump dan Pompa Satelit?"