Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Adakah Cara Mengatasi Air Sumur Bor Berpasir Halus? Waspadai Hal Ini

air sumur bor berpasir halus

Masalah air sumur bor berpasir halus bisa terjadi di lokasi manapun dan di kedalaman berapapun, baik di sumur dangkal maupun di sumur dalam. Masalah air sumur membawa pasir ini gampang gampang susah untuk mengatasinya.

Tetapi ada baiknya anda membaca tulisan saya sebelumnya tentang kedalaman sumur bor yang bagus agar bisa melengkapi pemahaman anda tentang air bawah tanah.

Penyebab Air Sumur Bor Berpasir

Ada beberapa penyebab air sumur bor keluarnya membawa pasir halus, sedikit ataupun banyak pasirnya:

- Sumur bor masih baru
Keluar pasir adalah hal yang wajar pada sumur bor baru. Oleh karena itu perlu dikuras agar keluarnya (diharapkan) tidak terus menerus membawa pasir halus dan lumpur. Lama pengurasan bervariasi antara 2-4 minggu. Baca juga: proses pengurasan sumur bor baru

Proses buang buang air / pengurasan tidak perlu dilakukan terus menerus selama 24 jam, tetapi hanya perlu 3-6 jam sehari.

- Pompa submersible terlalu mendekati dasar tanah
Penempatan pompa submersible / pompa satelit yang terlalu mendekati dasar sumur, akibatnya pasir yang di ujung pipa ikut terhisap. Penempatan pompa satelit sebaiknya minimal 4 meter menjauhi batas tanah di ujung pipa.

- Saringan kain posisinya bergeser
Pada pipa casing sumur bor di bagian bawahnya dibuat banyak lubang untuk resapan air bawah tanah. Nah, untuk mencegah pasir terikut masuk ke dalam pipa maka pipa diselubungi / dibungkus dengan saringan halus yang terbuat dari kawat stainless ataupun kain kasa nyamuk. Selubung tsb diikat dengan kawat ataupun karet ban.

Nah, kesalahan sering terjadi saat proses memasukkan pipa casing (yang diselubungi kain) ke dalam tanah, karena lubang tanahnya menyempit maka selubung kain tadi bergeser posisinya keatas sehingga ada lubang di pipa casing yang tidak tertutupi kain lagi.

Dari situlah akhirnya pasir masuk ke dalam pipa casing dan tersedot pompa air hingga keluar ke permukaan.

- Menggunakan pompa yang terlalu besar
Walaupun andilnya tidak terlalu signifikan, penggunaan pompa submersible yang terlalu besar juga bisa menjadi penyebab air sumur bor membawa pasir halus. Sebaiknya gunakan pompa sesuai kebutuhan saja dan jangan terlalu besar.

Baca juga:
- Cara menaikkan pH air
- Takaran tawas penjernih air

Resiko Jangka Panjang air Sumur Bor Berpasir

Sedikit demi sedikit lama lama jadi bukit tanah ambles dan bangunan di sekitarnya bisa retak. Itulah resiko jangka panjang yang kemungkinan besar akan dialami jika air tanah yang keluar membawa pasir.

Bukan cuma rumah pemilik sumur bor yang akan retak retak tapi juga rumah tetangga di sekitarnya ikut terdampak. Soal radius keretakan bisa kurang dari 10 meter atau bisa hingga puluhan meter, tergantung dari seberapa banyak pengambilan air setiap harinya.

Berapa lama proses keretakan bangunan akan terjadi? Biasanya diatas 10 tahun baru kejadian tanah ambles bertahap sedikit demi sedikit.

Amblesnya tanah apakah penyedotan air yang berlebihan?

Tidak.... Penyedotan air tidak akan berpengaruh signifikan terhadap penurunan tanah...tetapi tanah / lumpur yang terbawa air lah yang akan membuat tanah turun bahkan ambles.

Jadi bagaimana cara mengatasinya?

1. Panggil ahli sumur bor terdekat, diskusikan cara mengatasi air sumur bor yang terus menerus keluar pasir halus. Tukang sumur bor yang ahli akan mengetahui solusinya.

2. Jika cara pertama tidak ada solusi, coba kurangi kedalaman pipa sumur bor. Atau jika anda menggunakan pompa celup, coba tinggikan 3-4 meter pompa celup anda. Dengan cara ini siapa tau pasirnya tidak ikut keluar lagi...

Hanya 2 itu saja yang bisa saya sarankan. Penggunaan filter air hanyalah untuk menjernihkan air berpasir, tidak untuk mencegah amblesnya tanah... Tapi saya berdoa, semoga itu tidak terjadi di tempat anda... 

Baca juga:
- Cara mencuci tabung filter air
- Merk karbon aktif yang bagus

Sampai disini yang bisa saya tuliskan tentang adakah cara mengatasi air sumur bor berpasir halus?. Jika ada pertanyaan atau ingin berbagi pengalaman silahkan tulis di kolom komentar di bawah...

Posting Komentar untuk "Adakah Cara Mengatasi Air Sumur Bor Berpasir Halus? Waspadai Hal Ini"