Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berapa Lama Proses Pengendapan Setelah Air Diberi Tawas dan Kaporit?

lama proses pengendapan air setelah diberi tawas dan kaporit

Tawas dan kaporit sudah umum digunakan untuk membantu penjernihan air. Berapa lama proses pengendapan setelah air diberi tawas dan kaporit?

Sebelumnya untuk diketahui nama lain dari tawas adalah aluminium sulfat dan kaporit adalah calcium hypochlorite.

Oh iya, perlu saya jelaskan disini bahwa yang saya maksud tawas disini adalah tawas bentuk powder (bukan tawas bongkah). Dan yang saya maksud kaporit adalah kaporit bentuk powder, bukan kaporit tablet.

Oke, lanjut... Lama pengendapan dipengaruhi oleh 2 hal, yakni berapa banyak volume air yang dijernihkan dan berapa banyak takaran tawas yang digunakan.

Baca juga:

Sangat sering saya temukan orang yang menggunakan tawas dan kaporit secara berlebihan alias over dosis. Jika anda belum mengetahui berapa dosisnya sebaiknya baca tulisan saya berjudul takaran tawas dan kaporit penjernih air.

Berapa lama proses pengendapannya?

Secara umum lama pengendapan antara 2 - 4 jam, tetapi jika lebih lama lagi maka airnya semakin jernih. Misalnya anda memberi obat penjernih air di sore hari dan mendiamkannya hingga pagi hari tentu airnya akan sangat jernih.

Apakah tawas dan kaporit aman?

Ya, kaporit dan tawas aman digunakan sepanjang tidak over dosis. Kedua obat penjernih air ini sejak dulu digunakan oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di banyak kota di Indonesia, terutama jika air baku yang digunakan berasal dari danau atau sungai yang keruh.

Baca juga:

Demikian jawaban atas pertanyaan berapa lama proses pengendapan setelah air diberi tawas dan kaporit. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis di kolom komentar.

Posting Komentar untuk "Berapa Lama Proses Pengendapan Setelah Air Diberi Tawas dan Kaporit?"