Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahan Yang Berfungsi Untuk Menaikkan pH Air Yang Mudah Ditemukan

bahan untuk menaikkan ph air

Apa saja bahan yang berfungsi untuk menaikkan pH air yang mudah ditemukan di kota kita? Dengan bahan ini bisa menaikkan pH air sumur bor, sumur gali, air kolam, air hujan dan lainnya.

Bahan yang berfungsi menaikkan pH air

Ada banyak sekali bahan yang berfungsi untuk menaikkan pH air, tetapi ingat masing masing bahan ini harus sesuai peruntukannya dan bukan asal asalan karena akan ada efek samping jika tidak tepat dalam penggunaanya.

1. Bahan untuk menaikkan pH air sumur bor / sumur gali.
Tahukan anda bahwa batu karang laut yang banyak bertebaran di pinggir pantai juga mampu menaikkan pH air?

Untuk seberapa tinggi kenaikan pH nya tentu bervariasi. Semakin banyak batu karang yang digunakan maka semakin tinggi kenaikan pH nya. 

Baca juga:

Yang saya maksud batu karang di pantai ini adalah yang berukuran kecil yang kurang lebih sebesar jari tangan. Jadi bukan batu karang yang berukuran besar.

Silahkan anda bereksperimen menggunakan batu karang laut ini sebanyak 1 ember dulu lalu cek kenaikan pH nya, jika masih kurang silahkan tambahkan lagi batu karang lautnya.

Yang perlu diketahui disini, sebelum menggunakan karang laut sebaiknya rendam dan bilas karang tsb berulangkali dengan air (tanpa deterjen) sampai rasa asin karangnya hilang, kalau perlu rendam semalaman, setelah itu baru boleh digunakan.

Penggunaan karang laut untuk menaikkan pH air ini hanya cocok digunakan untuk air sumur saja yang airnya akan digunakan untuk keperluan air bersih (MCK) saja dan bukan untuk keperluan air minum.

Selain batu karang untuk menaikkan pH air anda juga bisa menggunakan bahan bahan sbb:

- Soda ash
Bentuk soda ash ini adalah powder / bubuk berwarna putih. Bahan ini banyak dijual di toko bahan kimia di kota anda.

- Soda kue
Bentuk soda kue ini seperti bubuk (powder) dan banyak dijual di toko penjual bahan bahan kue.

- Kapur gamping dan kaporit
Kedua bahan ini biasa digunakan untuk obat penjernih air itu juga memiliki efek menaikkan pH air.

Baca juga:

2. Bahan untuk menaikkan pH air untuk keperluan air minum.
Untuk keperluan air minum, misalnya untuk usaha air minum isi ulang menaikkan pH air bisa menggunakan cartridge corosex ataupun pH booster carbon block.

Demikian tulisan saya kali ini tentang bahan yang berfungsi untuk menaikkan pH air. Jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar.

Posting Komentar untuk "Bahan Yang Berfungsi Untuk Menaikkan pH Air Yang Mudah Ditemukan"