Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bisakah Ballast dan Lampu UV Yang Rusak Diperbaiki?

Bisakah ballast dan lampu UV yang rusak diperbaiki? Bagaimana pengalaman saya dalam "upaya" memperbaiki ballast UV yang rusak?

Sebelumnya bagi anda yang belum mengetahui apa itu ballast, akan saya jelaskan disini...

ballast uv rusak

Foto diatas adalah contoh model ballast UV. Sebenarnya ballast UV ada belasan macam, baik buatan lokal Indonesia maupun barang import.

Fungsi ballast UV adalah untuk menghidupkan lampu UV, fungsinya sama seperti travo pada lampu neon.

Baca juga:
- Penyebab ballast UV berbunyi
- Berapa lama lampu UV dinyalakan?

Sebagai barang elektronik, ballast juga mengalami problem kerusakan maupun error dan harus diganti dengan barang baru.

Sesuai judul tulisan ini: bisakah ballast dan lampu UV yang rusak diperbaiki?

Terus terang spesialisasi saya adalah pemasangan depot air minum isi ulang, mesin RO dan filter air dan saya tidak mengerti detail masalah elektronik.

Oleh karena itu dulu (15 tahun lalu) jika ada masalah kerusakan ballast UV maka saya langsung membawanya ke tukang service elektronik.

Setelah keliling ke beberapa tukang service dan dilakukan pengecekan, mereka tidak sanggup memperbaikinya karena ternyata beberapa kode komponen elektronik berupa kode angka dan warna telah dihapus oleh pihak produsen / pabrik, sehingga jika ada kerusakan tentu kita kesulitan mencari komponen penggantinya.

Dengan kata lain jika ada kerusakan kita akan "dipaksa" untuk membeli barang baru...

Dan yang paling terasa berat adalah jika ballast yang rusak tsb adalah merk ballast ternama seperti merk Tanwing ataupun Sterilight yang harganya mahal.

Ada teman saya yang bukan tukang service elektronik tetapi dia berani "mengkanibal" ballast UV dan menggantinya dengan travo merk tertentu dan ternyata lampu UV nya berhasil nyala 😃.

(Tetapi ini hanya kisah pengalaman saya saja dan saya tidak merekomendasikan anda mengkanibal ballast).

Baca juga:
- Cara menaikkan pH air
- Harga pasir silika

Kesimpulan:
Ballast UV tidak bisa diperbaiki karena beberapa komponen penting seperti kode angka dan warna telah dihapus oleh pihak produsen sehingga kita tidak bisa mengganti komponen tsb karena tidak tau kodenya.

Disclaimer:
Tulisan ini adalah pengalaman saya pribadi dan bukan kebenaran mutlak. Bisa saja diluaran sana banyak tukang service elektronik yang bisa memperbaiki ballast walaupun kode komponennya telah dihapus.

Jika ada yang ingin bertanya ataupun berbagi pengalaman tentang cara memperbaiki ballast UV yang rusak silahkan tulis di kolom komentar. Siapa tau ilmu anda bermanfaat bagi yang membutuhkan...

1 komentar untuk "Bisakah Ballast dan Lampu UV Yang Rusak Diperbaiki?"

  1. Jika ada pertanyaan silahkan tuliskan di kolom komentar. Saya lebih suka tanya jawab yang detail dan interaktif 🙏

    BalasHapus