Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ballast Lampu UV Berbunyi atau Berkedip, Ada Gangguan Apa?

ballast lampu uv berbunyi

Apa penyebab ballast lampu Ultraviolet (UV) berbunyi terus menerus? Apakah lampu UV tsb rusak dan apakah bisa diperbaiki?

Seperti kita ketahui, lampu UV banyak sekali model dan tujuan penggunaanya. Antara lain lampu UV untuk mendeteksi uang palsu, untuk mengusir nyamuk, sterilisasi ruangan dan sterilisasi air.

Di tulisan ini secara khusus yang saya bahas adalah lampu UV untuk sterilisasi air, baik yang digunakan untuk depot air minum isi ulang, penyaringan skala kecil maupun untuk aquarium.

Baca juga:
- Berapa lama lampu UV dinyalakan
- Berapa liter dalam 1 galon

Ballast lampu UV berbunyi

Fungsi ballast adalah untuk menyalakan lampu UV, jadi fungsinya sama seperti trafo pada lampu neon. Hanya saja kalau ballast ini dilengkapi dengan alarm dan lampu indikator untuk penanda jika ada gangguan pada lampu UV atau gangguan pada ballast itu sendiri.

Jadi jika terdengar ballast UV berbunyi tiiit...tiiit...tiiit terus menerus, atau lampu indikatornya (1 lampu kecil berwarna merah/biru) berkedip terus menerus, itu bisa ada beberapa kemungkinan:

- Tegangan PLN sedang turun
Kalau hanya masalah ini biasanya paling lama 3 jam akan normal dengan sendirinya jika listrik PLN normal kembali.

- Lampu UV putus
Jika yakin tegangan PLN tidak sedang turun maka coba cek lampu UV nya, apakah tidak menyala / putus? Jika tidak menyala segera ganti lampunya.

Catatan: Jika tidak berani membuka lampu UV sebaiknya panggil teknisi depot air isi ulang yang sudah berpengalaman.

- Ballast UV setengah error
Ini yang seringkali mengecoh dan membingungkan!... dikiranya lampu UV yang putus ternyata setelah dibelikan lampu UV yang baru ternyata lampu yang baru juga tidak mau menyala.

Ternyata biang keroknya ballastnya yang setengah error, bukan rusak!

Baca juga:
- Cara menaikkan pH air
- Harga filter air

Lampu indikator ballast tidak menyala

Normalnya, jika lampu indikator tidak mau menyala itu tandanya ballastnya sudah rusak dan harus diganti dengan yang baru.

Tetapi itu teori... terkadang walaupun lampu indikator ballast tidak menyala tetapi lampu UV ternyata masih hidup normal, hehehe...

Bagaimana sebaiknya...?

Sebaiknya jika anda memiliki usaha depot air minum isi ulang maka selalu siapkan ballast dan lampu UV cadangan, masing masing minimal 1 bh.

Sangat tidak disarankan untuk menyimpan stok lampu UV saja. 

Kenapa? 

Karena seperti saya jelaskan diatas bahwa alarm ballast berbunyi itu tidak selalu menandakan lampu UV nya yang putus, tetapi bisa jadi JUSTRU ballastnya yang setengah error, padahal lampu UV nya masih menyala terang dan normal.

Demikian yang bisa saya tuliskan tentang masalah ballast lampu UV berbunyi atau berkedip. Jika ada pertanyaan / komentar / berbagi pengalaman silahkan tulis di kolom komentar. Terima kasih

1 komentar untuk "Ballast Lampu UV Berbunyi atau Berkedip, Ada Gangguan Apa?"

  1. Jika ada pertanyaan silahkan tuliskan di kolom komentar. Saya lebih suka tanya jawab yang detail dan interaktif 🙏

    BalasHapus