Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berapa Lama Masa Pakai Karbon Aktif Untuk Filter Air dan Kapan Diganti?

Berapa lama masa pakai karbon aktif untuk filter air hingga harus diganti? Dan berapa banyak karbon aktif yang harus digunakan untuk tabung filter air? Ini panduannya...

masa pakai karbon aktif

Banyak pengguna filter air yang belum mengerti masa pemakaian karbon aktif dan apakah karbon aktif bisa dicuci atau tidak? Ini penting di ketahui demi menjaga kualitas hasil penyaringan air bersih ataupun untuk keperluan penyaringan untuk air minum.

Berapa Lama Masa Pakai Karbon Aktif?

Untuk menyaring air PAM / WTP, sumur bor, air pegunungan masa pemakaian karbon aktif umumnya antara 6 bulan sampai 3 tahun.

Dibawah ini adalah faktor faktor yang mempengaruhi cepat atau lambatnya penggantian karbon aktif, antara lain:

- Merk Karbon Aktif
Ada beberapa merk karbon aktif yang terbukti berkualitas bagus. Apakah yang anda gunakan merk karbon aktif yang bagus atau yang biasa saja? Semakin bagus tentu harganya semakin mahal.

- Seberapa tinggi "iodine number"?
Iodine number menentukan seberapa kuat penyerapan karbon aktifnya. Nilai Iodine karbon aktif yang ada di pasaran Indonesia mulai dari 100 hingga 1200. Makin tinggi kandungan iodine tentu hasil penyaringannya semakin bagus.

- Kondisi air yang disaring
Semakin keruh, bau, kandungan kimia dan zat lainnya terlampau banyak dalam air maka semakin singkat pemakaian karbon aktifnya.

- Rutinitas pembersihan tabung filter (backwash)
Untuk filter model tabung fiber / stainless di bagian atasnya ada tuas untuk membuang endapan kotoran hasil penyaringan (backwash). Kegiatan membersihkan tabung filter ini harus sering dilakukan secara berkala.

Tetapi kegiatan rutin untuk mem backwash inilah yang biasanya pemilik filter air malas untuk mengerjakannya sehingga partikel endapan lengket di butiran karbon aktif.

Apa Tandanya Karbon Aktif Sudah Harus Diganti?

Gampang gampang susah untuk mengenali karbon aktif sudah harus diganti / tidak karena faktor penentu penggantian karbon aktif bukan hanya soal kejernihan airnya.

Kejernihan air bukan hanya ditentukan oleh karbon aktif, tetapi juga media lain yang digunakan bersamaan dengan karbon aktif.

Tetapi paling tidak ada petunjuk yang bisa anda kenali:

- Di rumah anda memiliki mesin penyaring air minum yang selama beberapa bulan anda gunakan rasa air minumnya enak enak saja tidak ada masalah. Tetapi suatu ketika anda merasakan air minum walaupun jernih tetapi rasa airnya berubah menjadi tidak enak. Ini adalah salah satu ciri karbon aktif harus segera diganti.

-  Anda memiliki usaha air minum isi ulang yang anda rasakan airnya enak dan segar. Tetapi setelah diatas 1 tahun rasa airnya berubah menjadi kurang enak. Ini juga salah satu ciri karbon aktif sudah waktunya diganti.

Harap dibedakan antara rasa tidak enak dengan rasa pahit. Kalau rasa pahit kemungkinan besar diakibatkan pH air yang rendah dibawah 6. Tapi jangan suka menduga duga, bisa saja rasa pahitnya disebabkan masalah lain yang bukan karena pH rendah.

Untuk memastikan sebaiknya segera test pH air anda menggunakan pH meter digital, pH tester cair ataupun kertas lakmus. Anda bisa mencari penjual kertas lakmus terdekat di kota anda.

Oke lanjuuut...

- Cara selanjutnya untuk mengenali adalah melihat kualitas hasil penyaringan. Contohnya jika karbon aktif digunakan untuk menyaring air limbah tetapi setelah beberapa waktu air limbah terlihat keruh dan berbau kembali maka itulah salah satu ciri karbon aktif harus segera diganti.

Sampai disini, jika ada pertanyaan seputar masa pemakaian karbon aktif silahkan tulis di kolom komentar...

Post a Comment for "Berapa Lama Masa Pakai Karbon Aktif Untuk Filter Air dan Kapan Diganti?"