Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berapa Lama Penggantian Media Filter dan Bagaimana Caranya?

berapa lama penggantian media filter

Filter air model tabung fiber FRP sudah umum digunakan untuk menyaring air PAM, sumur bor, depot air isi ulang dan lainnya. Untuk menyaring air, tabung filter FRP ini diisi dengan berbagai media filter, antara lain pasir silika, karbon aktif, manganese green sand, ferrolite, zeolit, dsb.

Berapa Lama Media Filter Diganti?

Masa penggantian ini saya bagi menjadi 2 bagian:

1. Untuk tabung filter air pemakaian rumah tangga

Soal penggantian media filter tidak bisa dihitung menggunakan satuan pemakaian liter, tetapi tergantung dari jenis air yang disaring. Jika masalah airnya ringan dan filter rajin di backwash dengan mengikuti panduan cara backwash filter air yang benar maka penggantian isi tabung filter bisa sampai 3 tahun.

Tetapi jika problem airnya berat (kuning / merah) dan filter jarang di backwash maka penggantian akan singkat hanya 1 tahun sekali bahkan kurang dari setahun.

2. Untuk depot air minum isi ulang

Umumnya depot air minum isi ulang hanya menggunakan pasir silika, zeolit dan karbon aktif dengan bahan baku air pegunungan yang sudah jernih, atau air pam dan sumur bor.

Berbeda dengan filter air untuk pemakaian rumah tangga, depot air minum tidak hanya mengutamakan kejernihan tetapi juga rasa air yang enak dan segar. Sebab jika airnya berubah rasa maka pelanggan akan berpindah ke depot air yang lain.

Oleh karena itu untuk depot air minum dianjurkan penggantian isi tabung filter setahun sekali agar rasa dan kualitas air tetap terjaga.

Bagaimana Cara Mengganti Media Filter Air?

Panduan dibawah ini adalah cara mengganti media filter air untuk tabung filter fiber FRP 8" (0844), 10" (1054) dan 13" (1354). Tapi sebelumnya perlu dipersiapkan:

- 2 bh karung untuk menampung media filter bekas.
- Selang untuk menyemprot ke dalam tabung filter
- Penggantian sebaiknya dilakukan 2 orang, kecuali jika teknisi berpengalaman maka pengerjaan bisa sendirian.

Berikut ini langkah penggantian media filter:

- Lepaskan watermur yang ada di kepala tabung (lingkaran merah, gambar bawah)

- Putar kepala tabung (head three way valve) berlawanan arah jarum jam hingga terlepas.

- Rebahkan tabung filter ke lantai secara perlahan. Atau bisa juga direbahkan diatas kursi kayu supaya mudah proses pengeluaran isi tabung filternya.

- Semprotkan air ke dalam tabung filter menggunakan selang secara terus menerus. Saat air disemprotkan maka isi tabung filter akan keluar dengan sendirinya. Saat proses ini masukkan media filter bekas ke dalam karung yang sudah disiapkan sebelumnya.

- Setelah isi tabung 100% sudah keluar semua, bersihkan strainer / saringan atas dan saringan bawah menggunakan sikat sampai bersih.

- Sampai disini selesai, anda bisa memasukkan media filter yang baru.

Perlukah Media Filter Campur Campur?

Untuk media filter yang ada di pasaran:

- Pasir silika
- Karbon aktif
- Pasir zeolit
- Manganese green sand
- Pasir aktif
- Ferrolite
- Resin softener

Banyak sekali orang mengira semakin banyak variasi media filter yang digunakan maka hasil penyaringannya akan semakin bagus, padahal tidak demikian.

Media filter harus disesuaikan dengan permasalahan air yang dialami dan tidak perlu menggunakan semuanya sekaligus dalam 1 tabung.

Ibarat orang pergi ke dokter dengan keluhan kepala pusing, perlukah dokter memberi obat pusing + obat asma + obat diabetes + obat asam urat?? Tentu tidak bukan...? Kalau keluhannya kepala pusing tentu yang diperlukan hanya obat sakit kepala saja.

Sama dengan tehnik penyaringan air, gunakan hanya yang sesuai dengan masalah air yang dialami (saja), tidak perlu aksi borongan pakai media filter campur campur secara berlebihan.

Contoh:

- Masalah air jernih tapi berbau maka gunakan karbon aktif (saja).

- Masalah air keruh ringan dan berbau maka gunakan pasir silika + karbon aktif (saja)

- Masalah air mengandung zat besi tinggi maka gunakan manganese + karbon aktif (saja)

- Dan seterusnya...

Kecuali masalah air sumur bor anda parah misalnya keruh, mengandung zat besi tinggi, berkapur dan berbau maka anda membutuhkan tabung filter yang banyak dengan media filter yang lebih dari 3 macam.

Bukan cuma media filter, kadang di tahapan awal di penampungan air anda juga membutuhkan obat penjernih air seperti tawas dan kaporit dengan dosis tertentu. Anda juga perlu membaca takaran tawas dan kaporit untuk penjernih air.

Demikian tulisan saya untuk menjawab pertanyaan berapa lama penggantian media filter. Jika ada hal yang kurang jelas silahkan bertanya melalui kolom komentar di bawah

2 komentar untuk "Berapa Lama Penggantian Media Filter dan Bagaimana Caranya?"

  1. Kami sudah 2 th jual air refill galon pke yg 2 tabung. Berapa kali dalam 1 bulan mengganti pasir 2 dln tabung. Atau di cuci aja di backwash saja?

    Yang saya tanyakan kapan waktunya mengganti pasir, arang dll. Juga catridge. Agar air hasilnya tetap terjaga rasanya. Mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk depot air minum isi ulang penggantian isi tabung filter (pasir silika, karbon aktif, dll) umumnya 1 tahun sekali atau paling lama 2 tahun sekali (jika kualitas air bakunya bagus).

      Sementara untuk penggantian filter cartridge umumnya per 3 - 4 bulan sekali. Tetapi jika 4 bulan filter cartridge masih tampak putih bersih seperti baru maka penggantian boleh lebih lama dari 4 bulan.

      Demikian jawaban saya, semoga membantu...

      Hapus